Penggunaan Dana BOS 11 Poin

Jumat, 12 Oktober 2018 | 09:10:23

Toman Sipahutar / Kasek SMPN 1 Kota Pangkalan Kerinci, Drs Abutohir


Pangkalan Kerinci (Mahardikanews) 

Komponen penggunaan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) untuk SD/SDLB dan SMP/SMPLB, berdasarkan Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 26 tahun 2017 adalah 11 poin. 

                                            

Ke-11 poin tersebut adalah,
1. Pengembangan Perpustakaan 2. Kegiatan dalam rangka penerimaan siswa baru 3. Kegiatan pembelajaran dan ekstra kurikuler siswa 4. Kegiatan evaluasi pembelajaran 5. Pengelolaan sekolah 6. Pengembangan profesi guru dan tenaga pendidikan, serta pengembangan manajemen sekolah 7. Langganan daya dan jasa 8. Pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana sekolah 9. Pembayaran honor 10. Pembelian/perawatan alat multi media pembelajaran 11. Biaya lainnya

Demikian disampaikan Kepala SMP Negeri 1 Kota Pangkalan Kerinci, Drs Abutohir kepada Mahardikanews. com di ruang kerjanya, Kamis (11/10/2018).

Jadi terdapat perubahan dari sebelumnya. Salah satunya, yaitu untuk siswa dari keluarga tidak mampu/miskin pakain seragamnya atau dinas sekolah tidak dibiayai pihak sekolah lagi, karena bagi siswa dari keluarga miskin dan rentan miskin pemerintah sudah menyiapkan dana tunai melalui program Kartu Indonesia Pintar(KIP), ungkap Kasek.

Sedangkan untuk program dana BOSDA (Bantuan Operasional Sekolah Daerah) tahun 2017 pihak sekolah akan mengembalikan Rp7.000,-/jam. Hal itu didasarkan pada acuan DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Dinas Pendidikan yaitu sebesar Rp35.000,-/jam, dan ketentuan daerah sebesar Rp28.000,-/jam, jadi terdapat selisih kekurangan yang akan dikembalikan yakni sebesar Rp7.000,-/jam, tandas Kasek Abutohir. (adv/humas) 

                             



BERITA TERKAIT:

Kembali