M Haris Ambil Sumpah dan Janji 182 PNS Di Lingkungan Pemkab Pelalawan

Rabu, 5 September 2018 | 19:36:01

Diskominfo Kabupaten Pelalawan / Bupati Pelalawan M Harris, memimpin pengambilan sumpah dan janji ratusan CPNS, Rabu (5/9/2018), di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangku Diraja, Pelalawan, Riau.


PELALAWAN
(mahardikanews)
Bupati Pelalawan Muhammad Harris, memimpin pengambilan sumpah dan janji ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang selama ini bekerja pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan.

Ratusan CPNS di Pemkab Pelalawan yang mengikuti proses pengambilan sumpah dan janji sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut adalah dengan rincian dari 182 CPNS, 113 orang CPNS dari tenaga Kesehatan dan Penyuluh Pertanian, 59 orang PNS susulan dan 10 orang dari lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN.

Selain mengambil sumpah dan janji ratusan CPNS menjadi PNS, M Harris yang didampingi Wakil Ketua DPRD Supriyanto, Setda Tengku Mukhlis, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Edi Suriandi dan Asisten Administrasi Umum Emir Effendi, turut melantik sebanyak 113 orang jabatan Fungsional tertentu, yakni 99 orang tenaga Kesehatan dan 14 orang Penyuluh Pertanian.

Dalam arahannya, Bupati Pelalawan M Harris, mengatakan sumpah dan janji PNS sebagaimana telah diatur dalam Ketentuan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 Pasal 66 ayat (1) tentang ASN. Ia berharap, kepada para PNS yang sudah mengucapkan sumpah dan janji agar dapat menghayati sumpah atau janji tersebut dan  menjalankan setiap tugas dengan baik yang akan dilaksanakan kedepan.

Mantan Ketua DPRD Pelalawan itu menilai, bahwa sumpah dan janji tersebut menunjukkan komitmen dan tanggung jawab moral terhadap konsekuensi menjadi PNS di Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

"Momentum pengambilan sumpah PNS memiliki arti penting yang menandai awal pengabdian yang relatif panjang bagi pelayanan publik. Pelayan publik yang baik haruslah memberikan pelayanan prima yang didasari dengan keikhlasan, loyalitas dan kesetiakawanan moral dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa", ucap M Haris, pada Rabu (5/9/2018), di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangku Diraja, Pelalawan, Riau.

M Haris mengutarakan, terdapat 3 (tiga) poin penting dari janji dan sumpah PNS yang tidak hanya sebatas ucapan. Pertama, PNS berkewajiban untuk menjaga sikap dan bertindak sesuai dengan norma hukum dan etika. Kedua, PNS diharapkan mengutamakan kepentingan Negara dan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan sesuai dengan Panca Prasetya Corps Pegawai Republik Indonesia. Ketiga, PNS harus berlaku jujur, tertib, cermat dan bersemangat untuk kepentingan Negara.

Diakhir sambutannya, Mantan Ketua Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesi atau ADKASI itu, juga mengajak para PNS untuk memiliki tingkat disiplin dan tanggung jawab yang tinggi serta harus produktif dan inovatif dalam mensukseskan 7 Program Strategis dalam menuju Pelalawan Emas (Ekonomi, Mandiri, Aman dan Sejahtera).

"Kepada para PNS agar meningkatkan kompetensi, produktif dan inovatif serta disiplin dalam mensukseskan 7 program Pemerintah Daerah menuju Pelalawan Emas, dengan senantiasa menerapkan nilai-nilai dasar profesionalisme ASN yang dikenal dengan sebutan ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi)", tandas M Harris mengakhiri.*(adv/humas)


BERITA TERKAIT:

Kembali