Buka MTQ ke-XVIII, Bupati Rokan Hulu Ajak Generasi Muda Amalkan Nilai Syiar Islam

Kamis, 1 November 2018 | 22:07:23

/ Pembukaan MTQ ke-XVIII tahun 2018 Tingkat Kabupaten, Kamis (1/11/2018) malam, di lapangan dataran tinggi Pematang Baih, Rambah, Pasir Pengaraian.


Pasir Pengaraian
(mahardikanews)
Bupati Rokan Hulu Sukiman, resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XVIII tahun 2018 Tingkat Kabupaten, Kamis (1/11/2018) malam, di lapangan dataran tinggi Pematang Baih, Pematang Berangan, Rambah, Pasir Pengaraian.

"Pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten ke-XVIII tahun ini bisa dijadikan moment mencintai Al-Quran yang  merupakan pedoman hidup", ucap Sukiman dalam sambutannya yang dihadiri Forkopimda, Kepala OPD, para pejabat di lingkungan Pemkab, Camat dan tamu undangan lainnya.

Ia menyatakan, kegiatan MTQ tahun 2018 merupakan rutinitas yang merupakan agenda penting bagi umat Islam dalam menyiarkan Islam di Negeri Seribu Suluk. Selain itu, MTQ terbukti menjadi daya dorong dalam membangun bidang Agama Islam di Rokan Hulu.

Sukiman menilai, hidup di zaman teknologi yang berkembang pesat dapat berpengaruh pada budaya luar yang‎ bisa merusak nilai persatuan dan kesatuan. Ia menghimbau, nilai-nilai agama dalam menghadapi era teknologi tetap harus selalu diterapkan agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga.

Perkembangan elektronik yang‎ begitu pesat saat ini, Terangnya, bagaikan 2 bilah mata pisau yang dapat berpengaruh buruk dan baik bagi generasi muda Islami di Rokan Hulu. Pesatnya teknologi dan informasi seperti paham radikalisme dan pengaruh buruk dari luar lainnya dapat ditepis dengan nilai-nilai Islami sebagai benteng kehidupan.

Rokan Hulu yang berjuluk Negeri Seribu Suluk, kata Sukiman, para generasi mudas sudah sepantasnya mengamalkan nilai nilai Islami dan syiar Islam melalui kegiatan MTQ yang sedang digelar.

Ia berharap generasi di Rokan Hulu bisa menjadi lebih dekat dan mencintai Al-Quran. Sebab apabila generasi itu terwujud, Menurutnya daerah Kabupaten Rokan Hulu pasti akan semakin maju.

"Melalui moment MTQ ini, kiranya dapat  memberantas buta aksara Al-Quran di Kabupaten Rokan Hulu. Sehingga umat muslim bisa menggemakan bacaan-bacaan Al-Quran. Kepada kafilah, qori dan qoriah, agar bisa menggapai prestasi yang terbaik dan menjadi ‎utusan Kabupaten ke ajang MTQ tingkat Provinsi dan Nasional", tandas Sukiman.

Sebagai pewaris Negeri Seribu Suluk, Ia mengajak generasi muda agar tidak kehilangan jati diri, dengan harapan para generasi dapat mengarungi masa depannya dengan baik untuk melakukan berbagai kegiatan nyata dalam memberantas buta aksara Al-Quran supaya nilai-nilai Islam tidak tertinggalkan.

Sementara, Ketua panitia kegiatan MTQ, M Ruslan, menyampaikan MTQ ke-XVIII tingkat Kabupaten Rokan Hulu bertujuan untuk menimbulkan cinta terhadap Al-Quran dan mendapatkan qori qoriah terbaik.

Peserta MTQ yang terdaftar dalam jangka waktu 1 hingga 7 November 2018 mendatang, kata Asisten II Pemkab Rokan Hulu itu mencapai jumlah 411 orang. Kegiatan yang digelar selama 7 hari itu, Jelasnya, akan digelar devile ratusan kafilah perwakilan dari 16 Kecamatan dan dilanjutkan Tari Makan Sirih oleh siswi SMP dan SMA di Kecamatan Rambah.*amb


BERITA TERKAIT:

Kembali