Tutup MTQ Ke-18, Sukiman Ingin Pengembangan Bidang Keagamaan

Selasa, 6 November 2018 | 22:21:03

MAHARDIKANEWS TIM / Bupati Rokan Hulu Sukiman, tutup MTQ ke-18 tahun 2018, di Astaka MTQ lapangan Dataran Tinggi Pematang Baih, Pematang Berangan, Rambah, Pasir Pengaraian, Selasa (6/11/2018) malam.


Pasir Pengaraian
(mahardikanews)
Bupati Rokan Hulu Sukiman, resmi menutup Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-18 tahun 2018 Tingkat Kabupaten, di Astaka MTQ lapangan Dataran Tinggi Pematang Baih, Pematang Berangan, Kecamatan Rambah, Pasir Pengaraian, Selasa (6/11/2018) malam.

Sukiman dalam keluangan itu, menyampaikan terima kasih kepada para peserta MTQ serta seluruh elemen masyarakat yang berpartisipasi, memeriahkan dan menyukseskan helatan Keagamaan yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

MTQ, kata Sukiman, sangat penting dilaksanakan untuk meningkatkan syiar Islam dan meningkatkan pembangunan di bidang Keagamaan. Ia berharap dengan adanya MTQ, kedepan akan semakin banyak Al Qur'an berjalan dan pengembangan bidang Keagamaan di Kabupaten Rokan Hulu.

Rokan Hulu yang berjuluk Negeri Seribu Suluk, terutama pada generasi muda, kata Sukiman, sudah selayaknya menerapkan syiar Islam dan mengamalkan nilai-nilai Al Qur'an dalam kehidupan sehari-hari agar kedepan bisa membenteng diri, semakin maju dan berakhlak.

Sebab, Ia menilai, masalah terbesar saat ini bagi generasi muda adalah dampak negatif dari kemajuan teknologi dan informatika yang sangat berkembang pesat. Kalau tidak dibenteng Keagamaan, Menurutnya, akan dikhawatirkan terpengaruh budaya-budaya luar yang negatif.

Meskipun MTQ tingkat Kabupaten telah selesai dilaksanakan, Sukiman menghimbau, kedepan agar masyarakat tetap gemar membaca Al Qur'an.

"Jangan setelah MTQ‎ berakhir, gemar membaca Al Qur'an juga redup. Jadikanlah perhelatan MTQ ini menjadi peningkatan kita untuk mencintai Al Qur'an," imbaunya.

Hal senada, Ketua Panitia MTQ ke-18 Muhammad Ruslan, mengucapkan terima kasih kepada Bupati yang telah hadir saat pembukaan dan penutupan MTQ, serta pada masyarakat, qori dan qoriah yang mengikuti dan berpartisipasi menyukseskan helatan MTQ sejak 1 hingga 6 November 2018.

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Rokan Hulu itu berharap, kegiatan yang telah dilaksanakan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dalam meningkatkan syiar Islam.

Hasil dari kegiatan MTQ yang digelar, M Ruslan mengumumkan tentang juara umum 1, 2 dan 3 yang berhak menerima piala bergilir dari Kafilah Kecamatan se- Kabupaten Rokan Hulu.

"Juara umum 1 diraih oleh Kafilah Kecamatan Rambah yang ke empat kalinya berturut-turut di perhelatan MTQ Tingkat Kabupaten Rokan Hulu. Juara umum 2 Rambah Samo dan juara umum 3 Kafilah Kecamatan Pendalian IV Koto.‎ Untuk‎ juara Pawai Taaruf Pembukaan MTQ Kabupaten direnggut Kafilah Kecamatan Rambah Hilir", ucapnya.

Selain juara 1, 2 dan 3, M Ruslan turut memublikasikan juara 4 yang digapai oleh Kafilah Kecamatan Ujung Batu, juara 5 Kunto Darussalam, 6 Bonai Darussalam, 7 Rokan IV Koto, 8 Tambusai Utara, 9 Tandun, 10 Bangun Purba, 11 Kepenuhan Hulu, 12 Tambusai, 13 Kabun, 14 Rambah Hilir, 15 Kepenuhan dan urutan juara 16 Kafilah Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam.

Penutupan MTQ ke-18 tahun 2018 tingkat Kabupaten Rokan Hulu yang dimeriahkan dengan kembang api tersebut tampak dihadiri unsur Forkopimda, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Rokan Hulu, para tamu undangan, hingga masyarakat yang diketahui datang dari berbagai daerah.*amb


BERITA TERKAIT: