Pemkab Rokan Hulu dinilai telah serius cegah virus Corona

Selasa, 24 Maret 2020 | 21:07:40

HUMAS SETDA KABUPATEN ROKAN HULU / Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman, memasangkan masker ke seorang pengendara sepeda motor yang melintas, dalam mengantisipasi penyebaran Corona.


Pasir Pengaraian 
(mahardikanews) 
Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dinilai serius dan telah berbuat nyata dalam melakukan antisipasi pencegahan penularan virus corona.

“Bupati sudah memerintahkan langsung dalam antisipasi pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 di Rohul. Seluruh jajaran dan instansi pemerintah sudah berbuat nyata dan serius mencegahnya seperti yang diinstruksikan dan dihimbau oleh kepala daerah”, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rohul Yusmar, sebagai juru bicara Satgas Gugus Covid-19, Selasa (24/3/2020), di Pasir Pengaraian.

Kegiatan yang dilaksanakan terangnya dapat dilihat dari berbagai usaha dan aksi yang dilakukan oleh pemerintah dan aparat kepolisian di Kecamatan Rambah, Kepenuhan, Kepenuhan Hulu, Ujung Batu, Kabun, Tandun, dan sejumlah kecamatan lainnya. Camat, kepala desa, personel Satpol PP, dan petugas kesehatan telah melakukan pemantauan warga yang datang dari bepergian ke daerah lain, khususnya daerah yang terinfeksi Corona.

Pelayanan dan antisipasi dini dilakukan dengan memeriksa suhu tubuh dan dianjurkan untuk tidak keluar rumah hingga 31 Maret mendatang. Warga yang baru pulang dari luar daerah saat diperiksa kesehatannya terlihat dengan suka rela dan tertib mematuhi anjuran petugas.

Disamping itu, pemerintah daerah sudah membuat Tim Gugus Kendali tingkat kabupaten untuk penanganan dan  pedoman, serta dasar di bidang teknis dan nonteknis untuk antisipasi virus corona. Termasuk imbauan untuk pemuka agama, adat, dan tokoh masyarakat secara berjenjang. Kemudian ditambah lagi dengan himbauan Ketua TP PKK dan seluruh organisasi wanita di Rohul.

“Namun surat edaran dan himbauan tersebut belumlah cukup, tapi sangat diperlukan aksi dan bentuk nyata serta tindakan langsung dalam rangka memberikan perlindungan kepada masyarakat”, ujar Yusmar.

Upaya pencegahan Covid-19 selain pemerintah daerah diakuinya turut didukung oleh personel Polres Rohul beserta jajaran, seperti di Polsek Ujung Batu, Kabun, Tandun, serta personel di Polsek Rokan IV Koto, yang melakukan patroli keliling kampung dengan kendaraan bermotor guna memberitahu dan menghimbau masyarakat agar tetap mengurangi aktivitas diluar rumah dan tidak ke luar rumah bila tidak terdapat urusan yang sangat penting.

Sejumlah surat edaran yang diterbitkan Bupati Rohul juga dinilai sudah sesuai dengan aturan dan kebijakan dari pemerintah provinsi dan nasional, sebagai landasan serta pedoman bagi aparatur pemerintah kabupaten, kecamatan, desa, dusun, RW dan RT.

“Hingga saat ini masyarakat di Negeri Seribu Suluk tidak ditemukan terinfeksi kasus corona, namun pemerintah daerah bersama instansi terkait harus tetap waspada, dengan melakukan antisipasi serta diikuti dengan berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar daerah dan masyarakat  dijauhkan dan dihindarkan dari wabah virus yang mematikan ini”, ulas Kepala Dinas Kominfo, Yusmar.
(red-mnc)




Editor: AMBAR
©2020 MAHARDIKANEWS
all right reserved


BERITA TERKAIT:

Kembali