Jum'at, 19 September 2014
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Budaya
Sabtu, 31 Agustus 2013 | 10:19:40
8 Etnis Meriahkan Kemilau Budaya Sumut digelar di Taman Mejuah-juah Berastagi
sorasirulo.com
Kemilau Budaya Sumut digelar di Taman Mejuah-juah Berastagi

MEDAN(MAHARDIKAnews): Kemilau Budaya Sumut digelar di Taman Mejuah-juah Berastagi, Kamis 29 Agustus 2013 hingga Sabtu 31 Agustus 2013.

Dalam jadwal kegiatan, delapan etnis yang ada di Sumut akan ditampilkan budayanya masing-masing secara bergiliran.  Karnaval, sajian musik etnik, festival tari tradisional,  serta lomba busana daerah, merupakan bagian dari even andalan yang diselenggarakan untuk dinikmati warga dan wisatawan yang dating ke Karo.

“Ini merupakan  wujud pelestarian budaya delapan etnis di Sumatera Utara. Warisan leluhur yang mulia, yang hasus dipertahankan, sehingga kita tetap   bermartabat. Kemilau Budaya Sumut merupakan bagian dari agenda Kemilau Budaya Nusantara,” kata Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, H Naruddin Dalimunthe, Jumat 30 Agustus 2013.

Menurut Dalimunte, target dari penyelenggaraan Kemilau Budaya Sumut, adalah melestarikan seni budaya dan peningkatan kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara. Tiga aspek pariwisata yang meliputi wisata alam, seni budaya, dan ekonomi kreatif. Merupakan grand desain Kebudayaan dan Pariwisata  Sumut yang harus tercapai targetnya.

Dikatakan, khusus daerah tujuan wisata (DTW) tuan rumah penyelenggaraan even tahun ini, Dalimunthe,  menjanjikan pihaknya akan turut  berpartisipasi dalam membangun sektor pariwisata Karo.  “Berbagai kendala,  khususnya pendanaan dalam pembangunan sejumlah aset  wisata, akan dimasukkan kedalam grand desain tingkat provinsi,” katanya.

Dia mengatakan, agar anggaran pelestarian kesenian daerah ini masuk di APBD, harus diusulkan melalui usulan dari bawah, seperti study dan grand desain yang dilakukan pemerintah daerah.
“Kita juga berupaya agar anggaran kegiatan ini di masa mendatang dapat dialokasikan melalui anggaran APBN,” katanya.(R3)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!