Rabu, 25 April 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Budaya
Senin, 18 Juli 2016 | 22:56:39
ADVERTORIAL PEMKAB ROKAN HULU
Hadiri Halal bi Halal Di Ujungbatu, Wabup Sukiman : Ninik Mamak Mempunyai Peranan Sangat Penting
HUMAS PEMKAB ROKAN HULU
 Wakil Bupati dan Ketua DPRD Rokan Hulu (7, 6 dari kiri), para angg DPRD dan ninik mamak Ujungbatu,  pada halal bi halal, Minggu 17-7-2016 di Gedung LKA Ujungbatu, Kab Rokan Hulu
Pasir Pengaraian (Mahardikanews)
Dihadiri Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul), H Sukiman, Ninik Mamak Ujungbatu gelar silaturahmi/halal bi halal dengan cucu kemenakannya, Minggu (17/7) di Gedung Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Ujungbatu. Selain Wabup Sukiman, juga hadir Ketua DPRD, Kelmi Amri SH, Wakil Ketua DPRD, Hardi Chandra dan sejumlah anggota DPRD Rohul dari Dapil IV, Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi Pembangunan Drs H Dipendri MPd, Camat Ujungbatu, El Bizri SSTP, Lurah Ujungbatu, Afrizon SSos, Ketua LKA yang juga Datuk  Bendahara Ujungbatu, H A Hakam dan para pengurus LKA Ujungbatu lainnya, serta lima ratusan anggota keluarga Ninik Mamak tersebut.

Dalam sambutannya Wabup menandaskan, ninik mamak mempunyai peranan yang sangat penting dalam menentukan kerapatan adat, tanpa ninik mamak diibaratkan seperti suatu nagari yang tidak bertuan, untuk itu ninik mamak perlu memberi petuah tentang adat agar para kemenakan dapat menjalankan tugasnya sesuai tatanan adat. Salah satu kegiatan adalah menjalang mamak, dilakukan para cucu kemenakan terhadap penghulu adat.

Hal ini juga dapat mempererat hubungan harmonis yang menjadi tumpuan cucu kemenakan terutama dalam hal menyelesaikan masalah. Kegiatan ini hendaknya menjadi tradisi secara turun temurun hingga tercipta hubungan yang sangat erat antara cucu kemenakan dengan ninik mamaknya.

Ninik mamak dan tokoh masyarakat diharapkan dapat menjaga anak dan cucu kemanakannya dari pengaruh negatif apalagi kehidupan global saat ini yang dapat mengabaikan nilai-nilai adat dimana peran ninik mamak mulai kehilangan fungsi. Untuk itu hendaknya dapat mengambil peran dengan mengayomi mereka agar bertumbuh menjadi anak yang cerdas, berbudi pekerti yang luhur dengan menjalankan ajaran agama yang sebaik-baiknya.

Para ninik mamak hendaknya dapat bersifat terbuka, kritis dan realistis serta proaktif dan saling melengkapi kelemahan dengan cucu kemanakan sehingga permasalahan yang terjadi dalam masyarakat dapat diselesaikan bersama.


Pada kesempatan itu Wabup juga mengingatkan, proses demokrasi telah berlalu, mari kita bersatu melangkah kedepan untuk membangun Rohul yang lebih baik. Untuk itu, Eksekutif, Legislatif, Yudikatif harus bersatu hati, budaya lama yang saling bertengkar harus kita hilangkan, ajaran agama kita menjamin perdamaian dan persaudaraan diantara kita. Politik yang benar adalah kalau merah ya merah, kalau salah ya salah kalau benar ya benar, untuk itu mari kita satukan pikiran, terang Sukiman.

Sebelumnya ketua panitia Drs Khairul Zahar,  dalam sambutannya menjelaskan latar belakang diadakannya silaturahmi/halal bi halal tersebut, juga menyampaikan proposal melalui anggota DPRD yang hadir untuk bantuan dalam melakukan pelestarian adat dan tindak lanjut pembangunan pasar Ujungbatu yang sudah hampir 10 tahun terbengkalai. Sedangkan ketua LKA Ujungbatu, menjelaskan makna diadakannya silaturahmi yakni untuk saling bermaaf-maafan antar ninik mamak dan cucu kemenakan, dengan harapan agar kedepannya hubungan timbal balik semakin harmonis lagi. (adv/humas)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!