Sabtu, 16 Desember 2017
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Budaya
Kamis, 9 Februari 2017 | 00:04:22
Plt Bupati Hadiri Peresmian dan Pelantikan DPC Parsadaan Situmorang Sipitu Ama dohot Boruna Rohul
Maruba Habeahan
Foto Bersama, Plt Bupati dan istri (4,5 dri kiri), Kapolres, Dandim, Camat Tandun, bersama DPP dan DPC Parsadaan Situmorang Sipitu Ama dohot Boruna, Kab Rokan Hulu, Riau, Selasa 7-2-2017 di Tandun
Pasir Pengaraian (Mahardikanews)
Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Parsadaan Situmorang Sipitu Ama dohot Boruna (DPP PSSAB) se-Indonesia, Ir JB Siringoringo melalui Wakil Ketua, Leokanor Sitohang SE didampingi Sekretaris, St Drs Jonter Situmorang STh, Selasa (7/2), dimulai pukul 10.00 WIB, resmikan dan lantik DPC (Dewan Pengurus Cabang) PSSAB Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau di Gedung Serbaguna Harianja, Desa Tandun Barat, Kecamatan Tandun.

Sebelumnya diadakan kebaktian. Liturgis dilayani St M Siringoringo, pengkotbah Pdt Drs W Situmorang MTh, Doa Syafaat disampaikan Pdt Reinhard Rajagukguk MTh.

Hadir diantaranya, Plt Bupati Rohul, H Sukiman, Kapolres AKBP Yusup Rahmanto SIK MH, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Asep Dedi Darmadi SIP diwakili Kasdim, Camat Tandun, Drs H Tengku Habrizal, Pengurus IKBR (Ikatan Keluarga Batak Riau) Kabupaten Rohul, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, DPP PSSAB Medan, DPW (Dewan Pengurus Wilayah) PSSAB Provinsi DKI Jakarta, DPW PSSAB Provinsi Riau, DPC dan dua ribuan anggota PSSAB Kabupaten Rohul, undangan dan masyarakat lainnya.

Pengurus/DPC PSSAB Kabupaten Rohul 2017-2022 yang dilantik, adalah Ketua Umum, St Ir Bakhtiar Situmorang, Wakil Ketua, Pdt Lintong Situmorang, Sekretaris Umum, Sahat Nainggolan, Wakil Sekretaris, Sari Tua Manik, Bendahara Umum, Ingan Simanungkalit, Wakil Bendahara, Natan Tampubolon. Dilengkapi, 10 (sepuluh) orang penasehat, seksi-seksi ditambah pengurus ranting dari 16 kecamatan se-kabupaten Rohul.

Pada kesempatan itu, pengurus DPP dan DPC PSSAB Rohul memberikan ulos masing-masing kepada Plt Bupati dan istri, Kapolres, Dandim diwakili Kasdim, dan Camat. Dalam kata pengantarnya, Wakil Ketua DPP PSSAB menjelaskan makna dari pemberian ulos tersebut dalam tradisi/adat batak toba, pada intinya adalah sebagai bentuk penghormatan kepada pihak yang lebih tinggi kedudukannya dalam kekerabatan. Juga sebagai sarana doa kepada Tuhan Yang Maha Esa kiranya penerima ulos diberi kesehatan, panjang umur disertai khikmad kebijaksanaan. Dilanjutkan tor-tor (menari) bersama, dengan Plt Bupati dan rombongan.           

Pantauan mahardikanews.com, para pengurus dan anggota/keluarga PSSAB Rohul sangat antusias mengikuti acara demi acara hingga berakhir sekira pukul 19.00 WIB. Ini tidak terlepas dari kepiawian protokol handal, N Sitohang (Pak Junaedi) Ujungbatu, yang merupakan Raja Parhata (protokol adat) Situmorng Sipitu Kabupaten Rohul. Juga, penampilan artis ibukota dan pencipta ratusan lagu pop Tapanuli, DR (HC) Bunthora Situmorang dari Jakarta, yang membawakan tembang-tembang lagu pop Indonesia danTapanuli.

Diawali dengan salam “Horas” (Selamat-red) tiga kali, Plt Bupati dalam sambutannya menandaskan, silaturahmi pada hakekatnya merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus ditumbuh kembangkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang bertujuan mempererat hubungan antar sesame. Oleh karena itu pada setiap kesempatan, saya selalu menyempatkan diri hadir di tengah-tengah bapak dan ibu sekalian, apalagi dikaitkan dalam konteks hubungan antara pemerintah dengan masyarakat, ucapnya. 

Hubungan silaturahmi harus tetap terjaga secara utuh dan berkesinambungan demi terlaksananya pembangunan daerah. Kita semua menyadari bahwa kabupaten Rohul yang kita cintai ini memiliki masyarakat yang heterogen terdiri dari berbagai suku, adat istiadat, bahasa dan agama. Namun ini merupakan salah satu sarana untuk bersinergi dalam menumbuhkembangkan semangat kebersamaan dan kegotongroyongan guna membangun Rohul yang lebih maju, pungkasnya.

Suku, agama, adat istiadat boleh berbeda tetapi kita merupakan bagian dari NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), Bhinneka Tunggal Ika, bebeda-beda tetapi tetap satu jua. Atas nama pemerintah kabupaten Rohul, kami ucapkan selamat atas terlaksananya peresmian dan pelantikan DPC PSSAB Rohul ini, terang Sukiman.

Sebelumnya, berturut-turut menyampaikan kata sambutan, ketua panitia, Ketua Umum DPC Rohul, dan Ketua Umum DPP PSSAB yang disampaikan Wakil Ketua. (Mar)          
 


Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!