Minggu, 24 Juni 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Budaya
Kamis, 5 April 2018 | 21:54:22
Masuk Suku Kandang Kopuh, Bupati Rohul Sukiman Kini Bergelar "Panglimo Pukaso"
Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman saat prosesi penabalan suku adat istiadat Melayu Luhak, di kawasan Rumah Makan H Along, Pulai Rambai, Rambah Hilir/ TIM
PASIR PENGARAIAN
(MahardikaNews)
Bupati Rokan Hulu (Rohul), H. Sukiman resmi masuk sebagai Suku Melayu Kandang Kopuh dan diberi gelar Panglimo Pakaso (Panglima Perkasa) setelah mengikuti proses penabalan dalam kegiatan prosesi masuk suku adat istiadat Melayu Luhak Rambah di kawasan Rumah Makan H Along, Pulai Rambai Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir, pada Selasa (3/4/2018).

Informasi yang dihimpun, Penabalan prosesi masuk Suku Melayu kepada Sukiman tersebut berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat dengan kaum soko dan urang Semondo. Disamping itu, Induk-induk adat dalam suku Kandang Kopuh Luhak Rambah juga menunjuk Herman Hr SE sebagai Pucuk Suku Kandang Kopuh Luhak Rambah dan H. Syamsir J sebagai Sukong Pucuk Suku Kandang Kopuh Luhak Rambah.

Kemudian menunjuk Rusli sebagai Tuo Sumondo Laki-laki, Syofyan menjadi Imam dalam kaum, Ernina Walis S.Pd Tuo Sumondo perempuan, Hj Nurbaiti Bundo Kanduong, H. A Latif MM.Pd selaku Sekretaris pucuk, Muhklis SE Wakil Sekretaris pucuk, Amrizal protokol, Marzuki dan Abdur Rahman sebagai Hulubalang.

Usai prosesi, Ketua LAMR Rohul H. Zulyadaini mengharapkan kepada Bupati Rohul H. Sukiman yang menerima gelar dan suku tersebut kedepannya dapat mempererat silaturahmi sesama masyarakat Melayu dan suku-suku lainnya yang berada di Kabupaten Rohul.

"Intinya, dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. Sosok Bupati Rohul Sukiman dan istrinya sudah masuk suku Melayu. Dengan harapan, Keduanya bisa berbaur dengan seluruh suku Melayu yang ada di Rohul ini. Kemudian nantinya bisa mengenal siapa saja pucuk suku dan siapa yang jadi kaum kita dalam suku tersebut", tutur Zulyadaini.

Sementara, Sukiman yang resmi bergelar Panglimo Pakaso atau masuk ke suku Kadang Kopuh mengaku dirinya tidak meminta untuk diberikan gelar. Sehingga, gelar yang diberikan, Terangnya akan menjadi tanggungjawab besar kepadanya untuk melakukan dan menjaga hal-hal yang baik.

Selain Bupati Rohul, Kegiatan yang berlangsung meriah melalui prosesi adat Melayu digelar tepatnya di kediaman H. Amril itu turut menabalkan Hj. Peni Herawati Sukiman masuk kedalam Suku Melayu Bonuo Luhak Rambah dengan Pucuk Suku Syamsuar.

Setelah kegiatan dilanjutkan makan bersama dengan cara adat dan ditutup dengan memberikan ucapan selamat kepada Sukiman berserta isterinya dari Unsur Forkopimda, para kepala OPD, Muspika, Kepala Desa, tokoh adat, agama, tamu undangan, serta pengurus Lembaga Kerapatan Adat di 5 (lima) Luhak se- Rohul.

Tampak hadir, Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto, Kajari Rohul Freddy Daniel Simanjuntak, mantan Bupati Rohul dua periode Drs H Achmad M.Si, Anggota DPRD Riau Hj Magdalisni, para F Tokoh-tokoh adat dari Luhak Rambah serta tokoh adat dari LKA di Kabupaten Rohul.*amb
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!