Jum'at, 16 November 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Budaya
Jumat, 26 Oktober 2018 | 06:44:47
Disaksikan Ketum, LetJend TNI (purn) Cornel Simbolon
Pengurus Parsadaan PARNA Rohul Dilantik
Maruba Habeahan
Ketua Wilayah PPI Provinsi Riau, saat melantik Pengurus PPI Kabupaten Rokan Hulu periode 2018-2021, Jumat 19-10-2018 di Gedung Harianja, Tandun

Pasir Pengaraian (Mahardikanews) 

Disaksikan Ketua Umum Parsadaan PARNA Indonesia (PPI) LetJend TNI (purn) Cornel Simbolon MSc, Jumat (19/10), dilangsungkan pelantikan pengurus PPI Cabang Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) periode 2018-2021, oleh Ketua Wilayah PPI Provinsi Riau, Bonar Saragi Siallagan, di Gedung Harianja Kecamatan Tandun, Kabupaten Rohul. 

Hadir antara lain, Bupati Rohul diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang Dr H Dipendri, Ketua DPRD Kelmi Amri SH, Kapolres diwakili Kabag Ren Kompol J Purba, perwakilan Dandim 0313/KPR, General Manager PT Rohul Sawit Industri (RSI), St Drs Torang Nababan, Para petinggi PPI Pusat dan petinggi PPI Wilayah Provinsi Riau, Tokoh Masyarakat/Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan ribuan anggota dan pengurus PPI Cabang Kabupaten Rohul yang baru dilantik, sesuai informasi Ketua Panitia, Baja Marulak Nainggolan.

Acara diawali kebaktian, dengan pengkhotbah Pdt H Silitonga STh, Pendeta HKBP Resort Rokan Hulu. Dilanjutkan dengan penyambutan pejabat Pemkab dan Forkopimda Rohul. Kemudian menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dengan dirigen ibu Nangin Damanik yang juga MC (master of ceremony)/pembawa acara pada acara pelantikan tersebut, dan lagu mars Parna dipandu oleh Trio Nabasa.

Mengawali sambutannya, Ketua DPRD menyampaikan sebuah pantun, "Kampak bukan sembarang kampak kampak dipakai membelah kayu, batak bukan sembarang batak Batak yang hadir warga rokan hulu"

Lebih jauh disebutkannya,  kedepannya Warga Parna harus mendapat tempat di hati pemkab Rohul, sebagai kesatuan yang utuh untuk membangun Kabupaten Rohul yang Kita cintai ini.

Dengan semangat bahu-membahu dan gotong royong serta saling toleransi, kita harapkan Parna ke depan menjadi elemen terpenting dalam pembangunan di Kabupaten Rohul. Kami dari pemkab Rohul akan menjamin keberlangsungan hak-hak masyarakat yang ada dan tidak membeda-bedakan suku, budaya, agama karena kita  disatukan dalam ikatan Bhineka Tunggal Ika yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu jua, ungkapnya.

Kami berharap kehadiran Parna akan mendapat legitimasi di Kesbangpol Rohul agar setiap tahunnya bisa dianggarkan utk Parna. Kami mengajak, mari kita tumbuhkan semangat marsipature hutanabe yg dibawa dari Sumatera Utara untuk membangun Kabupaten Rohul ini. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Tidak ada kata lain, hanya dengan gotong royong kita dapat membangun daerah yang kita cintai ini, tandas Kelmi.

Sedangkan Bupati diwakili Staf Ahli Bupati mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Rohul sangat bangga dengan dilantiknya pengurus PPI Kabupaten Rohul. Dengan keberadaan PPI Rohul maka ekonomi rakyat dan ekonomi desa akan maju. Ekonomi desa maju maka ekonomi kabupaten  akan maju, hal ini sesuai Visi Kabupaten Rohul yaitu "Membangun Desa, Menata Kota".

Oleh karenanya PPI Rohul jangan berhenti disini, segera daftarkan ke Kesbangpol dan seterusnya sosialisasikan Parna ketengah-tengah masyarakat terang H Dipendri

Sedangkan Ketua PPI Cabang Rohul menandaskan, ada pesan sakti dari Raja Nai Ambaton yaitu si sada lulu anak si sada lulu boru, jala sitokka naso jadi boi marsiolian. (memberikan kasih sayang yang sama terhadap anak laki-laki maupun anak perempuan. Sangat dipantangkan, yakni tidak boleh kawin mengawini)

Ada tiga hal ganjaran dari Raja Nai Ambaton bagi yang melanggar tona/pesan saksi tsb,
1. Dimasukkan ke dalam karung dan dibuang ke laut. 2.dipaksa  panjat pohon sampai ke puncak dan kemudian ditebang, 3. dimasukkan ketengah-tengah rerumputan yg lebat kemudian dibakar, pungkas Sadrak Tamba

Menjawab pertanyaan, Ketua Umum PPI kepada mahardikanews. com memaparkan, Visi adalah, Warga Parna menjadi warga negara Indonesia yang ikut berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Misi yaitu, 1. Meningkatkan persaudaran sesama warga parna, dengan tetap menjaga tona ni Raja Nai Ambaton

2. Perduli sesama warga Parna dalam suka dan duka dimanapun berada. 3. Meningkatkan kualitas hidup manusia Parna melalui pendidikan.

Ditambahkannya, dengan dilantiknya pengurus PPI Rohul , maka diharapkan kepengurusan dapat  memelihara kerukunan dan persaudaraan sesama warga Parna di Kabupaten Rohul serta saling perduli. Apabila warga Parna bisa rukun dan saling perduli maka Kontribusi Parna bagi masyarakat batak di Rohul adalah ikut mewarnai kehidupan masyarakat batak di Rohul. Kualitas hidup warga Parna juga perlu ditingkatkan melalui peningkatan pendidikan keluarga dan pendidikan manusia nya.

Untuk diketahui, sebagian besar warga Parna di Rohul masih hidup miskin, dengan demikian kualitas hidup pasti prihatin. Upaya yg diperlukan adalah meningkatkan taraf hidup dan memberi perhatian pada pendidikan bagi anak-anaknya .

Menurut data yg tidak akurat, diperkirakan warga Parna ada 8000 - 9000 KK di Rohul yg tersebar di 16 kecamatan. Dengan konsentrasi utama di Kecamatan Tambusai Utara, Tambusai, Ujung Batu, Tandun dan Kabun, papar Cornel Simbolon.

Susunan Pengurus PPI Kabupaten Rohul 2018-2021 :  Dewan Penasehat, 1. Op Barita Simbolon 2. A Jolli Tamba 3. Op Riksan Sitanggang 4. Op Iren Simarmata 5. Op Anju Simarmata 6. Op Diana Tinambunan 7. St T Siallagan 8. Op Bona Sidabutar.

Badan Pengurus Harian (BPH), Ketua Sadrak Tamba, Wakil Ketua I Bungsu Simanihuruk, Wakil Ketua II Parlin Sijabat, Sekretaris Robert Sidabutar, Wakil Sekretaris Kosten Ediver Sitanggang, Bendahara Hotma Hutagalung,  Wakil Bendahara Paber Siahaan. 

Ketua Bidang Adat & Seni Budaya, A Orlando Sitanggang, Ketua Bidang Kerohanian & lingkungan St A Andika Simarmata, Ketua Bidang Infokom & Pers A Margaret Simbolon, Ketua Bidang Dana Usaha A Raiyan Sijabat, Ketua Bidang Sosial & Kesehatan dr Luga Sidauruk, Ketua Bidang SDM & Pendidikan Frendi Sidauruk, Ketua Bidang Organisasi L Hukum Marlen Sinaga, Ketua Bidang Pembinaan dan Olah Raga Hendrabel Turnip, Humas A Ghanesa Rumahorbo.

Dipenghujung acara, panitia melakukan undian Lucky Draw berupa, Lemari Es, Mesin Suci, TV, HP, Kipas Angin, Payung dan hadiah menarik lainnya. (mar) 

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!