Jum'at, 22 Februari 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Budaya
Kamis, 7 Februari 2019 | 22:51:33
Bantuan DAK Rp1,3 Miliar Akan Bangun dan Benahi Makam Raja-raja Rambah
MARUBA P HABEAHAN
Kepala Disparbud Rohul Drs Yusmar, bersama pihak-pihak keluarga Raja-raja Rambah, saat meninjau Makam Raja-raja Rambah, Rabu (6/2/2019). 
RAMBAH HILIR 
(mahardikanews) 
Kementrian Pariwisata (Kemenpar) RI mengucurkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Kepala Disparbud Rohul, Drs Yusmar, mengatakan bantuan DAK tahun anggaran 2019 lebih kurang miliar‎an rupiah nantinya akan diperuntukkan untuk membenahi dan membagun sejumlah Situs Cagar Budaya di kawasan wisata religi Makam Raja-raja Rambah.

"Bantuan DAK senilai Rp1,3 miliar dari Kemenpar akan digunakan untuk 4 (empat) item pembangunan dan perbaikan‎. Ke- 4 item, yakni pembangunan Mushalla di sekitar pintu masuk menuju areal Makam, Jalan setapak,‎ Pagar pembatas dan Lampu taman di areal makam", kata Drs Yusmar, bersama pihak keluarga Kerajaan Rambah, Rabu (6/2/2019), saat meninjau Makam Raja-raja Rambah yang lokasinya berada di Desa Rambah, Kecamatan Rambah Hilir, Rohul, Riau.

Sebelum peninjauan, pihaknya mengaku sudah duduk bersama dengan pihak-pihak keluarga Raja-raja Rambah dan warga yang memilki tanah di areal makam tersebut.‎

Untuk pembangunan lokasi istana, Dia menyatakan sudah merencanakannya. Namun, Disparbud Rohul bersama pihak-pihak terkait belum dapat menemukan letak pasti istana Kerajaan Rambah, sehingga di tahun 2019 harus fokus terlebih dahulu untuk bangunan 4 item.‎

"Pembangunan akan dilakukan‎ tahun ini. Item-itemnya sudah diteken dan dikirim ke dinas kita dan hanya menunggu proses lelang. Kita bersyukur dan berterima kasih atas bantuan DAK ini", imbuh Kepala Disparbud Rohul Drs Yusmar, dihadapan salah seorang pemilik lahan H Nursham, Puak Bangsawan Rumah Bagonjong Luhak Rambah T Syahril dan Ketua LKA T Syamsul Bahri bergelar Sutan Mahmud Luhak Rambah.

Mantan Kabag Humas Setdakab Rohul itu berharap, dibangunnya areal situs cagar budaya Makam Raja-raja Rambah kedepan dapat menjadi lestari dan menjadi salah satu situs bersejarah di daerah Kabupaten Rohul yang dikenali oleh para kaum generasi muda.*(maruba p habeahan)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!