Selasa, 22 Oktober 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Budaya
Rabu, 7 Agustus 2019 | 13:31:04
Support Wisata Suligi Hill di API 2019, Ketik SMS: API 10J dan Kirim ke 99386
DICKY ANGGRIANO SITORUS
Seorang wisatawan berada di puncak dataran tinggi objek wisata Suligi Hill Aliantan 812 MDPL.(FOTO: dickyanggriano).

Pasir Pengaraian 

(mahardikanews) 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) meminta lapisan masyarakat dukung Wisata Suligi Hill.


“Objek Wisata Suligi Hill yang berlokasi di Desa Aliantan‎ Kecamatan Kabun Rohul Riau, masuk sebagai nominasi di Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2019 dari Kategori Wisata Dataran Tinggi. Untuk menjadi objek wisata terbaik dalam API, butuh dukungan SMS sebanyak-banyaknya mulai periode pemungutan suara (voting) dari 1 Juni sampai 31 Oktober mendatang”, kata Kepala Dinas Parbud Rohul Drs Yusmar, Selasa (6/8), di Pasir Pengaraian.


Untuk periode bulan Juli ini, Suligi Hill yang memiliki ketinggian 812 meter diatas permukaan laut atau MDPL terangnya berhasil menduduki posisi pertama atau teratas dengan memperoleh persentase mencapai 44,8 persen. Hasil tersebut meningkat dibandingkan bulan Juni lalu yang masih berada di posisi ketiga dengan persentase 20,1 persen.


Suligi Hill yang saat ini berada di posisi teratas, disusul oleh kawasan wisata Baturaden di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah (Jateng) dengan perolehan 27,8 persen yang sebelumnya menduduki posisi atas, kemudian disusul wisata Muntea Highland yang berada di Kabupaten Banteang Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan jumlah persentase 7,8 persen.


Ucapan terima kasih banyak juga disampaikannya kepada elemen masyarakat Rohul, Riau, dan masyarakat Sumatera yang sejak sebelumnya hingga saat ini telah memberi dukungan dengan berbagai cara agar wisata Suligi Hill Aliantan dikenal oleh masyarakat luar.


Support yang diberikan juga menurutnya tidak terlepas dari dukungan Bupati Rohul H Sukiman, Sekda Abdul Haris, serta Generasi Pesona Indonesia atau GenPI Rohul yang terus mempromosikan Suligi Hill melalui radio, media sosial, video youtube, termasuk media massa.


Dengan sisa waktu lebih kurang 2 bulan lagi, Pemkab Rohul juga dinilainya sudah melakukan langkah dan metode guna menambah persentase, seperti membuat Surat Edaran Bupati yang akan disebarkan sampai ke desa-desa untuk mendapatkan dukungan voting melaui SMS. Selain itu di setiap apel pagi dan acara lainnya, Bupati maupun Sekda juga kerap meminta dukungan dari pegawai dan masyarakat.


Kemudian dukungan dari pihak Desa Aliantan dan Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis juga sudah berusaha mempromosikannya melalui media sosial, bahkan pihak desa diketahui telah memberi potongan harga jika terdapat pengunjung yang memberi dukungan sebelum mendaki.


Mantan Kabag Humas Setdakab Rohul itu mendata untuk kategori wisata dataran tinggi, wisata Suligi Hill Aliantan bersaing dengan nominasi wisata dari provinsi luar daerah Riau, yakni wisata Batu Runciang Kota Sawahlunto Sumatera Barat, Bukit Kabut Bawang Bakung Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung, dan wisata Bukit Kaba di Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu.


Lalu terdapat wisata Bukit Pulo Dua di Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah, Buntu Liara Kabupaten Mamasa Sulawesi Barat, Ngadas Malang Jawa Timur, Gunung Kerbau Pulau Moa Wego di Maluku Barat Daya Provinsi Maluku, Kawasan Wisata Baturaden Banyumas Jateng, dan wisata Muntea Highland yang berada di Kabupaten Bantaeng Sulsel.


Meski Suligi Hill kini dalam peringkat pertama, menurutnya nilai itu masih bersifat sementara dan masih diperlukan banyak dukungan dari masyarakat luar daerah. Seluruh lapisan masyarakat‎ Rohul, Riau, dan Sumatera, juga dapat memberi dukungan, sehingga Suligi Hill berada di peringkat pertama sampai ditutupnya voting pada 31 Oktober 2019.


Pihaknya berharap dengan waktu yang tersisa, voting Suligi Hill tetap menjadi yang teratas dari saat ini hingga selesainya voting, sehingga obyek wisata dataran tinggi yang berada di kawasan Bukit Suligi Negeri Seribu Suluk tersebut dapat dikenal di tingkat Nasional dan mendapatkan penghargaan dari Pesona Indonesia.


“Untuk mendukung objek wisata Suligi Hill pada API 2019 di kategori Wisata Dataran Tinggi, masyarakat cukup mengetik SMS: API 10J dan kirim ke 99386”, tandas Kepala Dinas Parbud Rohul, Drs Yusmar.*(bar)




Editor: H. A.

©2019 MAHARDIKANEWS

all right reserved

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!