Sabtu, 15 Agustus 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Budaya
Rabu, 8 Juli 2020 | 11:37:10
Bupati Rokan Hulu ajak masyarakat support seni budaya Bokoba

Pasir Pengaraian 

(mahardikanews) 

Bupati RokanHulu (Rohul) mengajak masyarakat negeri seribu suluk mendukung seni budaya Bokoba yang masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun ini.


“Alhamdulillah, seni budaya di daerah kita yaitu atraksi budaya Bokoba masuk dalam nominasi ajang API. Terima kasih untuk seluruh pelaku budaya Rohul atas dedikasinya, sehingga Bokoba bisa dikenal luas bahkan ke penjuru negeri”, kata Bupati Rohul Sukiman, Rabu (8/7/2020), di Pasir Pengaraian.


Mengenal koba sebagai tradisi lisan, Bupati menceritakan koba merupakan salah satu tradisi masyarakat melayu yang tinggal di daerah pesisir Sungai Rokan yang saat ini menjadi Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Rokan Hilir. Begitu juga di daerah Mandau yang sekarang berstatus Kabupaten Bengkalis.


Koba terangnya disampaikan dengan gaya bernyanyi oleh laki-laki dan perempuan. Orang yang menyanyikan koba disebut tukang koba. Koba di daerah sungai rokan menggunakan bahasa Logat Rokan, sementara di Mandau memakai Logat Sakai. Pertunjukan koba biasanya dilakukan pada acara-acara perhelatan kampung seperti acara pernikahan, khitan, dan berbagai acara lainnya.


Untuk itu atas nama Pemkab Rohul, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat mensupport dan ikut berpatisipasi mensukseskan seni budaya Bokoba di ajang nominasi anugerah pesona indonesia dengan mendoakan serta mendukung sepenuhnya untuk perwakilan Provinsi Riau.


Bupati menjadwalkan periode pemungutan suara (voting) akan dimulai dari 1 Agustus hingga 31 Desember. Masyarakat dapat mendukung dengan cara SMS ketik: API 11 C kirim ke 99386. Selain itu juga dapat didukung lewat video pariwisata di YouTube channel API award, serta mengikuti di akun instagram @apiaward.


“Tentu dengan harapan kesenian Bokoba akan mampu mengharumkan nama Rohul negeri seribu suluk di ajang API tahun 2020 ini”, imbuh Bupati Rohul Sukiman.
(red-mnc)





Editor: AMBAR

©2020 MAHARDIKANEWS

all right reserved

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!