Kamis, 26 April 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Daerah
Kamis, 28 April 2016 | 18:35:29
Jelang May Day 2016
Plt Gubernur Sumut: Silahkan Sampaikan Aspirasi, Namun Tetap Jaga Kondusifitas
IMBAUAN MAY DAY : Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi bersama Direktur Binmas Polda Sumut Kombes Pol Ilsaruddin dan Kepala Disnaker Sumut Bukit Tambunan berdiskusi menjelang Hari Buruh 2016 (May Day) di rumah dinasnya, Jl Teuku Daud Medan, Kamis (28/4/2016).
Medan, mahardikanews.com-
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengimbau elemen buruh mengedepankan keamanan dan kondusifitas dalam menyampaikan aspirasi saat menggelar aksi May Day yang akan berlangsung pada 1 Mei 2016 mendatang.

Imbauan tersebut disampaikan Tengku Erry Nuradi usai menggelar pertemuan dengan Direktur Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Sumut Kombes Pol Ilsaruddin dan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sumut Bukit Tambunan di rumah dinasnya, Jl Teuku Daud Medan, Kamis (28/4/2016).

Dalam kesempatan itu, Erry menyatakan, salah satu potensi yang layak dibanggakan di Sumut adalah keamanan dan kondusifitas yang tetap terpelihara dengan baik oleh seluruh elemen masyarakat. Kaum buruh bebas menyampaikan apirasi secara kritis, tetapi juga menjunjung tinggi kepentingan umum.

“Kepada saudara-saudara kita yang tergabung dalam elemen buruh, silahkan menyampaikan aspirasi, namun kondusifitas hal utama yang harus dijaga,” pesan Erry.

Aspirasi kaum buruh, menjadi bahan pertimbangan bagi pemegang kebijakan, baik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemko), tidak terkecuali pelaku bisnis.

“Hal yang perlu kita ketahui bersama, pemerintah terus berupaya menampung berbagai aspirasi kaum buruh, sebagai langkah ikut serta meningkatkan kesejahteraan para buruh, termasuk dalam hal penyesuaian besaran upah,” sebut Erry.

Salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap kaum buruh dalah dengan menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional.

“Kalau selama ini buruh tetap bekerja pada 1 Mei, sekarang sudah dijadikan hari libur. Buruh bisa istirahat dan berkumpul dengan keluarga,” tambah Erry.

Erry juga mengatakan, sejumlah Pemkab dan Pemko telah dihimbau untuk menggelar kegiatan bersama kaum buruh, diantaranya dengan menggelar Panggung Hiburan Buruh.

“Dalam kegiatan itu, seluruh elemen buruh dapat berkumpul dan bersilaturahmi dengan pemerintah daerah di masing-masing daerah,” sebut Erry.

Erry juga berharap, buruh berperan aktif dalam mendorong laju pembangunan di Sumut dengan meninggalkan budaya anarkis saat May Day.

“Jaga terus kondusifitas di Sumut agar investor banyak datang. Pertumbuhan investasi tentu akan mengurangi pengangguran di Sumut,” sebut Erry.

Erry juga berencana menerapkan Program Peduli Buruh dengan menggelar panggung terbuka yang akan diberlakukan tiap peringatan May Day tiap tahunnya.

“May Day adalah momentum. Hari Buruh itu harus memberikan manfaat, tidak hanya kepada buruh, tetapi juga bagi pemerintah. Tahun depan akan kita gelar panggung terbuka. Kaum buruh boleh menyampaikan sejumlah poin penting yang sebelumnya telah di musyawarahkan seluruh elemen buruh. Tetapi buruh harus bersatu, jangan terkotak-kotak lagi karena punya kepentingan yang sama yakni meningkatnya kesejahteraan,” papar Erry.

Sementara Direktur Binmas Polda Sumut, Kombes Pol Ilsaruddin mengatakan, pihaknya akan menyiagakan personil di sejumlah titik, terutama di beberapa lokasi aksi Mey Day dan jalur yang menjadi lintasan kaum buruh.

“Kita tidak menolerir tindak anarkis. Harapan kita, jangan ada perusakan atau aksi yang mengganggu kepentingan umum. Buruh di Sumut kita akui sudah dewasa dalam menyampaikan aspirasinya,” sebut Ilsaruddin.

Ilsaruddin juga mengimbau seluruh elemen buruh di Sumut untuk tidak melakukan sweeping ke lokasi pabrik, karena buruh diliburkan pada 1 Mei.
(FR/MNc)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!