Senin, 24 September 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Daerah
Senin, 19 Februari 2018 | 17:06:18
ADVERTORIAL PEMKAB ROKAN HULU
Gubri Lantik Bupati Rohul Sisa Jabatan 2016-2021
HUMAS SETDA ROKAN HULU
Bupati H Sukiman saat mengucapkan sumpah jabatan yg dipandu oleh Gubernur Riau dan disaksikan rohaniwan
Pekanbaru (Mahardikanews)
Gubernur Riau (Gubri), Ir H Arsyadjuliandi Rachman, Rabu (14/2) sore, melantik H Sukiman, sebagai Bupati Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), sisa jabatan 2016-2021 di Gedung Daerah Provinsi Riau, Pekanbaru. Sejak mantan Bupati Rohul H Suparman SSos MSi, ditahan di LP Sialang Bungkuk Pekanbaru dan kemudian dipindahkan ke LP Sukamiskin Bandung, akibat tersandung kasus hukum Suap APBD Prov Riau tahun 2014 saat menjadi anggota DPRD Riau, H Sukiman selaku Wakil Bupati telah diamanahkan menjadi Pelaksana tugas (Plt) Bupati Rohul, dan sejak hari ini resmi menjadi Bupati Rohul setelah diambil sumpah jabatannya oleh Gubri.

Pada saat dan ditempat yang sama, Gubri juga mengukuhkan Pejabat sementara Bupati Indragiri Hilir (Inhil), dikarenakan Bupati Inhil ikut bertarung pada Pilkada serentak pada bulan Juni yang akan datang, sehingga harus mengambil cuti sesuai ketetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga hari penetapan pemenang Pilkada dilakukan.

Hadir antara lain, Ketua DPRD, Kapolda, Danrem 031 WB, Wakil Gubernur, Sekda di lingkungan pemerintah provinsi Riau. Para Ketua dan Anggota DPRD, Kajari, Ketua PN, Kapolres, Dandim, Sekdakab, para Asisten, para kepala dinas, badan, kantor, para Camat, para Kades/Lurah, di lingkungan pemerintah kabupaten Rohul dan Kabupaten Inhil, serta ribuan masyarakat Riau lainnya.   

Gubri dalam sambutannya antara lain menyebutkan, pelantikan ini merupakan estafet kepemimpinan sekaligus sebuah titik tolak baru dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. Keputusan menteri dalam negeri berdasarkan surat keputusan nomor 131.14-SKK/27/2018 tgl 12 Februari 2018 tentang pengangkatan Bupati dan pemberhentian Wakil Bupati Rokan Hulu, Provinsi Riau.  

Ada beberapa hal yang akan disampaikan sesuai dengan fungsi dan wewenang pemerintah daerah, yakni yang pertama, meningkatkan tata kelola sinergitas pembangunan dan pelayanan publik sesuai dengan kewenangan daerah, antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Riau. Kedua, meningkatkan sinergitas dan koordinasi antara eksekutif dan legislatif, serta membangun kehidupan demokrasi dan politik santun menjaga kestabilan masyarakat, menciptakan keadilan, serta memperhatikan aspirasi masyarakat. ketiga, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak agar mempergunakan hak pilih secara optimal, serta diharapkan kepada pemerintah kabupaten Rohul dan Indragiri Hilir, untuk dapat mengimplementasikan surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor, 270/1682/Otda/2018 perihal hubungan pemerintah daerah dengan pasangan Pilkada 2018 yaitu untuk membentuk desk Pilkada kabupaten/kota yang berpedoman kepada peraturan menteri dalam negeri nomor 9 tahun 2005, tentang pedoman pemerintah daerah tentang pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Keempat, menjaga netralitas seluruh jajaran aparatur sipil Negara (ASN) sebagaimana tertuang dalam peraturan menteri dalam negeri, tanggal 22 Juni 2015 tentang netralitas ASN dan larangan penggunaan aset pemeritah dalam pemilihan kepala daerah serentak. Kelima, memperhatikan pengisian dan penggantian pejabat daerah berdasarkan peraturan menteri dalam negeri nomor 73 tahun 2016 tentang pendelegasian wewenang persetujuan tertulis untuk melakukan penggantian pejabat di lingkungan pemerintah daerah.

Oleh karenanya kepada Bupati Rohul dan Pjs Bupati Inhil untuk menggesa APBD murni 2018, menyelesaikan siklus APBD 2017 secara maksimal sesuai peraturan perundang-undagan yang berlaku. Kepada bupati Rohul agar melanjutkan pembangunan sesuai dengan kesepakatan bersama untuk memajukan kabupaten Rohul, terang Andi. (adv/humas)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!