Selasa, 21 Agustus 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Daerah
Rabu, 8 Agustus 2018 | 16:54:43
Realisasi Pencarian DD Tahap II, Desa Ngaso Prioritaskan Drainase
MAHARDIKANEWS TIM
Infographic Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Ngaso Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, tahun 2018.

UJUNG BATU

(MahardikaNews) 

Penyaluran Dana Desa (DD) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara tahun anggaran 2018 untuk pembangunan fisik di Desa Ngaso, Kecamatan Ujung Batu, Rokan Hulu, Riau, sudah mencapai tahap kedua dengan nilai dan besaran ratusan juta rupiah.

Kepala Desa Ngaso, Andes Siata, mengatakan ditahun anggaran 2017 lalu, realisasi pencairan ke rekening kas Desa hanya melalui dua tahap. Berbeda pada tahun 2018 yang berubah pola menjadi tiga kali pencairan. Tahap pertama 20 persen, tahap dua 40 persen dan terakhir tahap tiga sebesar 40 persen.

Ia menuturkan, dari total jumlah pagu DD Rp933.514.000, pembangunan fisik skala prioritas utama masyarakat Desa adalah bangunan Drainase (saluran air) yang mencapai 10 unit. Hal itu, Terangnya, untuk meminimalisir serta menuntaskan masalah kebanjiran yang kerap terjadi di permukiman masyarakat.

"Pembangunan yang kita kerjakan saat ini sudah masuk tahap kedua atau 60 persen. Kita lebih banyak bangun drainase, untuk mengurangi banjir di kawasan rumah-rumah warga", ucap Andes Siata, dikantor Desa Ngaso, Rabu (8/8/2018) pagi.

Selain drainase, sebut Andes, realisasi anggaran DD ditahun 2018 untuk sarana prasarana pembangunan fisik lainnya, berupa bangunan 1 unit box culvert (gorong-gorong), 3 unit semenisasi, stand (tempat duduk) lapangan bola kaki, gedung posyandu, pembukaan badan jalan, keramik kantor BPD, taman dilapangan serbaguna serta penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat atau pamsimas.

Disamping DD, Ia menyatakan infrastruktur di Desa Ngaso yang dikerjakan oleh Tim Pengelola Kegiatan atau TPK juga terealisasi dari aspirasi H M Hilip anggota DPRD Rokan Hulu, yang membangun jalan semenisasi dengan panjang ratusan meter di Dusun Sukajadi sebelum memasuki bulan Ramadhan lalu.*amb

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!