Sabtu, 20 Oktober 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Daerah
Jumat, 21 September 2018 | 00:12:17
ADVERTORIAL PEMKAB ROKAN HULU
20 Tahun Sengketa, Akhirnya Tapal Batas Final dan Mengikat
Bupati Rokan Hulu, H Sukiman, terima Permendagri dari Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim, di Ruang Rapat Lantai II Kantor Gubernur Riau, Senin (17/9/2018) siang.

ROKAN HULU

(mahardikanews)

Bupati Rokan Hulu H Sukiman menerima 2 (dua) Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) tentang Tapal Batas dari Wakil Gubernur Riau H Wan Thamrin Hasyim, di ruang rapat lantai II Kantor Gubernur Riau, Senin (17/9/2018) siang.


Sukiman dalam kesempatan itu, berterimakasih kepada Menteri Dalam Negeri dan Pemerintah Provinsi Riau karena sudah memfasilitasi permasalahan Tapal Batas tersebut.


Ia menilai, permasalahan Tapal Batas antara Kabupaten Rokan Hulu Riau dengan Kabupaten Padang Lawas-Padang Lawas Utara Sumatera Utara yang sebelumnya berstatus sengketa sekitar 20 tahun akhirnya sudah tuntas dan mengikat.


Lebih dahulu juga, Jelas Sukiman, senggang terjadi Polemik sengketa lahan antara masyarakat Rokan Hulu dengan daerah perbatasan, hingga pernah memakan korban jiwa.


"Finalnya Tapal Batas ini, maka kedepan tidak ada lagi terjadi sengketa lahan, serta bentrok fisik antara masyarakat maupun dengan Perusahaan di daerah perbatasan. Karena secara resmi, Tapal Batas sudah final juga mengikat, dengan diterimanya 2 Permendagri ini" ucap Sukiman.


Mantan Wakil Ketua DPRD Rokan Hulu (2000-2004) itu menegaskan untuk kedepannya tidak akan terdapat lagi gugatan-gugatan dari pihak manapun, karena Tapal Batas daerah yang telah ditetapkan berdasarkan Permendagri sudah final, ikrar dan tetap.


Menindaklanjut penetapan Tapal Batas, Terang Sukiman, Kemendagri bersama Pemprov Riau dengan mengundang Pemerintah Kabupaten Padang Lawas dan Padang Lawas Utara dikemudian hari akan turun ke lapangan untuk menetapkan titik koordinat sesuai peta atau denah.


Namun, Ia mengaku, belum dapat memastikan jadwal waktu turun ke lokasi untuk menetapkan titik koordinat sesuai dengan Permendagri tersebut.


"Kita masih tunggu informasi Pemprov Riau dan pihak Kemendagri lebih lanjut untuk jadwal penetapan titik koordinat di lapangan. Penetapan nantinya akan dipasang patok atau pilar batas daerah Rokan Hulu Riau dengan Sumatera Utara", tandas Sukiman.*(adv/hms)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!