Sabtu, 15 Desember 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Daerah
Kamis, 11 Oktober 2018 | 13:17:15
DLH Nilai Pengelolaan Limbah Cair PT RSI Sesuai Dokumen Lingkungan
MAHARDIKANEWS TIM
Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Rohul Sawit Industri (RSI) yang beroperasi di wilayah Desa Suka Damai, Kecamatan Ujung Batu, Rokan Hulu, Riau/ mahardikanews.
UJUNG BATU
(mahardikanews)
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hulu memastikan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Rohul Sawit Industri (RSI) anak perusahaan Bumitama Gunajaya Agro Group dalam pengelolaan limbah cair dapat dijadikan pilot project atau proyek percontohan untuk para perusahaan PKS yang berada di Rokan Hulu.

"PT RSI komit dalam pengelolaan limbah cairnya, sesuai dengan dokumen lingkungan", kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Hutan DLH Rokan Hulu, Asdinoper, Senin (8/10/2018), usai melakukan pengawasan rutin pengelolaan limbah cair di PKS PT RSI yang beroperasi di wilayah Desa Suka Damai, Kecamatan Ujung Batu pekan lalu.

Pilot project PT RSI, Terang Asdinoper, yakni pembuatan Land Application yang menyalurkan limbah cair ke lahan kebun kelapa sawit milik masyarakat lalu dijadikan sebagai pupuk kompos yang saat ini pengelolaannya sedang dibangun pihak perusahaan.

Ia berharap, pengawasan limbah cair PKS PT RSI dapat terus ditingkatkan dengan menunjuk karyawan khusus dalam memantau pengawasan limbah cair guna menghindari jebolnya tanggul akibat tingginya curah hujan.

Meski pernah meluber ditahun lalu karena tingginya intensitas curah hujan, Asdinoper melihat, tanggul Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PKS PT RSI kini sudah ditinggikan dan rembesan limbah cair dibawah tanggul telah dijadikan sebagai kolam pancing.

"Saat ini dikolam IPAL sudah dipasang pompa untuk menarik sisa air cucian pabrik ke dalam IPAL. Dari pengawasan rutin kita, saat ini pengelolaan limbahnya sudah baik sesuai dengan dokumen lingkungan. Oleh itu, Kita jadikan sebagai pilot project bagi perusahaan lain dalam pengelolaan limbah cair", ujarnya.

Selain dari PKS PT RSI, Asdinoper sapaan akrab Noper itu mengaku, DLH Rokan Hulu juga akan terus melakukan pengawasan-pengawasan rutin terhadap seluruh PKS yang beroperasi di Rokan Hulu dalam pengelolaan limbah cair.*amb
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!