Jum'at, 21 Juni 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Daerah
Kamis, 15 November 2018 | 22:21:59
Dinas PMPD Rokan Hulu Sinkronkan Persepsi Panitia dan Panwas Pilkades
MAHARDIKANEWS TIM
Sekretaris Dinas PMPD Kabupaten Rokan Hulu, Prasetyo, pimpin Rakor dan Sosialisasi Regulasi Pilkades Serentak, Rabu (14/11/2018), di lantai tiga Kantor Bupati Rokan Hulu.
Pasir Pengaraian
(mahardikanews)
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa ‎(PMPD) Kabupaten Rokan Hulu Irpan Rido, melalui Sekretaris Prasetyo, memimpin Rapat Koordinasi atau Rakor sekaligus Sosialisasi Regulasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak dengan Panitia Pengawas (Panwas) tingkat Kecamatan.

"Rakor dan Sosialisasi ini digelar sebagai persiapan Dinas PMPD dan Panwas Pilkades untuk hadapi Pilkades serentak tahap ke- II yang akan dilaksanakan oleh 51 Desa yang tersebar di 16 Kecamatan se- Rokan Hulu pada 12 Desembar 2018 mendatang", kata Prasetyo, Rabu (14/11/2018), di lantai tiga Kantor Bupati Rokan Hulu.

Tujuan dari Rakor dan Sosialisasi regulasi tentang Pilkades serentak, Menurut Prasetyo, untuk menyingkronkan persepsi antara Panitia Pelaksana dengan Panwas Pilkades tingkat Kecamatan. Ia menilai, Rakor yang digelar sangat penting karena sudah mendekati tahap pengumuman Calon Kepala Desa yang akan diumumkan Panitia pada 23 November 2018 mendatang.

"‎Kita harap Panwas menjalankan pengawasan dan menyelesaikan permasalahan yang tidak bisa diselesaikan Panitia tingkat Desa", imbau Prasetyo.

Ia berharap, Panwas tingkat Kecamatan lebih memahami regulasi pelaksanaan Pilkades serentak, sehingga jika terdapat permasalahan di hari pelaksanaan, Panwas tingkat Kecamatan dapat menyelesaikan dengan bijak.

Prasetyo mendata, sudah mencapai 175 orang yang telah mendaftarkan diri sebagai calon Kades untuk pelaksanaan Pilkades serentak. Masing-masing Desa, sebutnya, jumlah bakal calon Kades yang mendaftar rata-rata berjumlah ‎4 orang. Disamping itu, terdapat beberapa Desa yang melebihi dari 5 orang, seperti di Desa Rambah Tengah Barat yang telah mendaftarkan 7 orang bakal calon Kades.

Kepada seluruh Panitia pilkades, Tegasnya, untuk tidak meminta atau menerima sumbangan pihak ketiga yang mengikat ataupun tidak mengikat. Sebab, Ia menyatakan, dana Pilkades tersebut sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan Rokan Hulu tahun 2018 senilai Rp2,1 Miliar.

Ia menambahkan, untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS), jumlah TPS nantinya akan mengikuti seperti pada Pemilihan Gubernur Riau dengan jumlah 261 TPS yang tersebar di 51 Desa.

"Kita berharap seluruh panitia Pilkades mematuhi dan melaksanakan tugasnya sesuai aturan yang berlaku", tandas Sekretaris Dinas PMPD Rokan Hulu, Prasetyo.*amb
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!