Sabtu, 20 April 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Daerah
Sabtu, 26 Januari 2019 | 00:12:54
Serah Terima RSLH dan Pengukuhan Isi Kegiatan HUT Desa Sialang Jaya
MARUBA P HABEAHAN
Pemerintah Desa Sialang Jaya menggelar acara Hari Ulang Tahun (HUT) Desa, Kamis (24/1/2019), di aula Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah, Rokan Hulu, Riau.
RAMBAH 
(mahardikanews) 
Pemerintah Desa Sialang Jaya yang berada di Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, menggelar acara Hari Ulang Tahun (HUT) Desa, Kamis (24/1/2019).

Mengisi kegiatan HUT desa ke-18, Kades Sialang Jaya, Yuherman Daulay, mengukuhkan 28 perangkat Desa Sialang Jaya, meliputi RT/ RW dan Kepala Dusun. Dia menyatakan, perangkat desa yang dikuhkuhkan merupakan orang-orang pilihan melalui tahapan seleksi.

Kemudian, dilanjutkan penandatanganan berita acara serah terima Rumah Sehat Layak Huni (RSLH) bantuan dari Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Riau tahun anggaran 2018.

Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Rohul, Abdul Haris, yang ikut memeriahkan kegiatan itu menilai Desa Sialang Jaya merupakan salah satu desa strategis di Kabupaten Rohul. Karena selain sejuk, desa mempunyai potensi pariwisata yang indah dan sektor perikanan yang dekat dengan kawasan bukit barisan.

Abdul Haris, mengapresiasi Kades Sialang Jaya yang mengukuhkan perangkat desa berdasarkan peraturan baru, yaitu melalui prosedur tahapan seleksi.

"Perangkat desa yang telah dikukuhkan akan menjalankan tugas sampai waktunya habis. Kades tidak boleh asal ganti sembarangan, selain jika perangkat desa itu tersandung hukum", imbau Abdul Haris.

Pemerintah Desa Sialang Jaya juga kedepan diharapkan memfungsikan pelayanan antar jemput gratis dengan menyediakan nomor layanan dan seorang petugas khusus yang akan menjemput persyaratan ke rumah-rumah masyarakat.

Dengan adanya pelayanan antar jemput gratis, dinilai tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat Desa Sialang Jaya yang sebagian besar merupakan profesi petani. Untuk anggarannya, Dia mengusulkan agar dialokasikan melalui Alokasi Dana Desa (ADD), bukan Dana Desa (DD).

"Jangan dipungut lagi uang, karena anggaran bisa dialokasikan dari Bantuan ADD. Sementara DD dipakai untuk pembangunan desa", pesan Setda Kabupaten Rohul, Abdul Haris, yang turut dihadiri Kasat Binmas Polres Rohul AKP Supriyana, perwakilan Lapas kelas II B Pasir Pengaraian, Camat Rambah El Bizri, sejumlah Kades dan Lurah di Kecamatan Rambah, para Tokoh Masyarakat, Agama, dan Tokoh Adat, serta masyarakat Desa Sialang Jaya.

Untuk peruntukan DD, desa dihimbau tidak hanya melakukan pembangunan infrasktruktur. Pembangunan perekonomian masyarakat seperti program peningkatan produksi pangan persawahan, perikanan dan perkebunan juga harus dilakukan pemerintah desa.

Selain itu, Setda juga berpesan ke Kades dan perangkat Desa Sialang Jaya untuk melek terhadap informasi.

Dia mencontohkan, tentang peluncuran program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) untuk replanting lahan kebun kelapa sawit masyarakat. Masing-masing penerima dibantu Rp25 juta per Hektare, dengan salah satu syarat setiap kelompok tani beranggotakan 20 orang.

Masyarakat penerima juga, terangnya, akan dibantu melalui program Padi, Jagung, Kedele atau Pajale, dengan pemanfaatan sela-sela tanaman kelapa sawit yang baru melakukan penanaman.*(maruba p habeahan)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!