Selasa, 22 Oktober 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Daerah
Selasa, 2 Juli 2019 | 22:48:02
Bupati Apresiasi Bhakti Sosial Sunatan Massal di Suka Damai Ujung Batu
MAHARDIKANEWS TIM
Bupati Rokan Hulu H Sukiman, didampingi Ketua TP PKK Hj Peni Herawati melihat seorang anak peserta sunatan massal, Senin (1/7/2019), di Ujung Batu.
Ujung Batu 
(mahardikanews) 
Pemerintah Desa Suka Damai menaja acara Halal Bi Halal Idul Fitri 1440 Hijriyah bersama masyarakat, sekaligus menjadi tuan rumah kegiatan bhakti sosial sunat massal gratis di halaman SD Negeri 003 Ujung Batu, Jalan Durian Sebatang, Suka Damai, Ujung Batu. 

“Terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Rokan Hulu dan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan pemerintah kecamatan yang telah mempercayakan Desa Suka Damai sebagai tuan rumah untuk acara Halal Bi Halal, juga sunat massal yang diikuti ratusan anak ini”, ucap Ketua Panitia Afrizal, Senin (1/7/2019), dihadapan Bupati Rokan Hulu Sukiman, beserta rombongan.

Afrizal mendata, peserta sunatan massal yang dipusatkan di desanya berjumlah sekira 177 anak, 47 anak peserta dari Suka Damai dan selebihnya berasal dari berbagai desa di 4 kecamatan.

Dalam sunatan massal itu, pihaknya juga melibatkan 15 petugas medis dari 4 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), yakni Puskesmas Ujung Batu, Tandun, Kabun, dan Puskesmas Pagaran Tapah Darussalam.

Masyarakat dinilainya terlihat antusias karena memang sangat dirasakan oleh masyarakat, khususnya bagi warga Ujung Batu. Partisipasi masyarakat yang mengkhitan anak-anaknya juga terlihat tinggi, karena kegiatan dilaksanakan disaat anak-anak tengah libur sekolah.

“Warga kami sangat antusias atas bhakti sosial sunatan ini karena merasa terbantu. Setelah di khitan, anak-anak peserta akan diberi obat untuk penyembuhan luka bekas jahitan. Selain itu, anak-anak juga menerima amplop berisi uang dan kain sarung sebagai penyemangat bagi mereka agar bisa kembali ke sekolah setelah libur panjang tahun ini”, ujar Afrizal, yang juga menjabat sebagai Kades Suka Damai.

Sementara, Bupati Rokan Hulu Sukiman, mengucapkan terima kasih kepada Dinkes, Tim Penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (TP PKK), dan para pemerintah kecamatan yang melakukan kegiatan sunatan massal yang dipusatkan di Desa Suka Damai Ujung Batu.

Bupati menilai, bhakti sosial sunatan massal yang dilaksanakan oleh 4 kecamatan memang begitu membantu masyarakat di sisi ekonomi. Masyarakat terbantu sebab mereka tidak mengeluarkan biaya lagi untuk meng-khitan anaknya.

Proses khitan atau sunat bagi anak laki-laki sebelum dewasa terangnya, merupakan kewajiban yang dianjurkan oleh agama Islam. Jika dikaji dalam bidang kesehatan, khitan berarti membersihkan atau membuang bagian tubuh tempat bersarangnya bakteri.

“Anak-anak yang sudah di khitan lebih banyak diam di rumah dan memakan obat yang diberikan Dokter, sehingga luka bekas jahitan bisa cepat sembuh”, imbau Bupati Rokan Hulu Sukiman, kepada ratusan anak-anak yang telah menjalani khitanan.

Sedangkan, Ketua lembaga kerapatan adat (LKA) Kecamatan Ujung Batu Datuk Bandaro Dahnil Malik, mengatakan tentang perkembangan Ujung Batu yang saat ini sudah semakin pesat. Hal itu dinilainya tidak terlepas dari perhatian Pemkab Rokan Hulu dalam merealisasikan anggaran pendapatan dan belanja daerah setiap tahunnya untuk pembangunan di kecamatan urban tersebut.

“Tahun ini saja (2019) Pemkab membantu anggaran pembangunan Rp16 miliar untuk Ujung Batu. Kemudian 2020 mendatang, Pemkab juga menampung aspirasi untuk bangun kantor Camat Ujung Batu”, tandas Datuk Dahnil Malik, dihadapan Ketua TP PKK Peni Herawati, Ketua DWP Nety Herawati, sejumlah Kepala OPD, para Camat, Kades, perwakilan perbankan dan perusahaan.

Disamping itu, Ketua LKA Ujung Batu Datuk Bandaro Dahnil Malik turut mengapresiasi kegiatan bhakti sosial sunatan massal dari berbagai kecamatan yang dipusatkan di Desa Suka Damai Ujung Batu.*(red/mnc)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!