Jum'at, 22 November 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Daerah
Selasa, 29 Oktober 2019 | 11:30:10
Kadis Pertambangan Prov Riau : Galian C di Kabupaten Harus Ada Rekomendasi Bupati
Toman Sipahutar
M Ridwan Dermawan,  Kabid SDM Dinas Pertambangan Provinsi Riau

Pelalawan (Mahardikanews.com) Berdasarkan istilah dalam Undang Undang Nomor 11/1967 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pertambangan. Pada Pasal 3 disebutkan, (1) Bahan-bahan galian dibagi atas tiga golongan: a. golongan bahan galian strategis; b. golongan bahan galian vital; dan c. golongan bahan galian yang tidak termasuk dalam golongan a atau b. Butir (c) pada pasal itu, yang kemudian populer disebut sebagai "bahan galian golongan C" atau "galian C".

Terkait hal itu, karena disinyalir banyak usaha galian C tersebut yang diduga tidak memiliki izin usaha yang dipersyaratkan pemerintah, Mahardikanews.com mencoba menemui Kepala Dinas Pertambangan (Kadistamben) Provinsi Riau.

Menjawab pertanyaan, Kadistamben Prov Riau melalui Kabid SDM M Ridwan Dermawan kepada mahardikanews.com menjelaskan, untuk mendapatkan Izin Usaha Pertambangan (IUP), maka masyarakat harus mengajukan permohonan dan selanjutnya akan diproses, jika telah melengkapi semua persyaratan yang ditentukan oleh Distamben maka IUP nya akan diterbitkan, dan seluruh berkas diproses dalam satu pintu, ungkap Kabid.

Distamben selaku Evakuator, hanya mengurus/membina dan mengawasi usaha galian C yang telah memiliki IUP. Dan bagi yang tidak memiliki IUP yaitu usaha Illegal Mining maka akan diawasi oleh aparat keamanan, dan Distamben tidak akan turut campur karena ada rambu-rambu atau dibatasi oleh undang-undang.

Prosedur Tetap (Protap) Distamben sangat Jelas. Untuk mendapatkan IUP harus mengikuti tahapan-tahapan, yaitu permohonan WIUP (wilayah izin usaha pertambangan), rekomendasi dari bupati, IUP eksplorasi kemudian dilakukan survey studi kelayakan dan izin lingkungan dari BLH serta izin operasi, Pungkas M Ridwan.  (Toman sipahutar)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!