Minggu, 07 Juni 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Daerah
Sabtu, 2 Mei 2020 | 21:36:41
8.199 Orang Rohul terima Bansos Tunai
MAHARDIKANEWS TIM
Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Hj Sri Mulyati.
Pasir Pengaraian 
(mahardikanews) 
Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mendata 8.199 warga Rohul terima Bansos tunai.

Kepala Dinsos P3A Rohul Hj Sri Mulyati, mengatakan ribuan masyarakat penerima program bantuan sosial tunai di negeri seribu suluk sesuai penetapan dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia untuk yang terdampak corona virus disease atau COVID-19.

“Data awalnya dari usulan desa dan kelurahan se Kabupaten Rohul sebanyak 9.160 orang penerima program bansos. Setelah diverifikasi oleh Kemensos, penerima bansos tunai terklaim 8.199 orang, sisanya ditolak oleh sistem”, kata Hj Sri Mulyati, Selasa (28/4/2020), di Pasir Pengaraian.

Pihaknya menilai, data awal penerima bansos tunai yang terdampak COVID-19 di Rohul bersumber dari pemerintah desa dan kelurahan lalu dikirim ke Dinsos P3A, selanjutnya di update Kemensos RI untuk diverifikasi. Setelah diverifikasi berdasarkan nama, alamat, dan nomor induk kependudukan, barulah ditetapkan penerima bansos tunai tersebut.

“Setelah kita update, datanya tidak sesuai by name by address, datanya ditolak secara sistem, sehingga jumlah penerima bansos tidak sesuai dengan yang diusulkan dari desa dan kelurahan”, ujar Mantan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Rohul itu.

Syarat utama warga penerima bansos tunai terangnya merupakan warga yang tidak terdata sebagai penerima program keluarga harapan atau PKH dan program bahan sembako.

Jumlah bansos tunai diakuinya disalurkan Rp600 ribu per Kartu Keluarga atau KK dalam sebulannya, kemudian disalurkan untuk 3 bulan yakni bulan April hingga Juni. Realisasi dana akan ditransfer melalui bank negara yang ditunjuk Kemensos, termasuk kantor pos. Saat ini tahap pencairan menurutnya masih menunggu jadwal dari pihak Kemensos.

“Kita harap warga penerima bansos tunai terdampak COVID-19 bersabar, karena masih dalam tahap proses”, imbau Kepala Dinsos P3A Rohul Sri Mulyati.

Sebelumnya, Kemensos RI mengklaim sebagian program bansos tunai atau bahan sembako sudah disalurkan pemerintah pusat ke kabupaten/ kota se Indonesia dengan prioritas warga kurang mampu maupun terdampak langsung dari upaya penanganan pencegahan penyebaran virus COVID.
(red-mnc)




Editor: AMBAR
©2020 MAHARDIKANEWS
all right reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!