Minggu, 07 Juni 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Daerah
Minggu, 3 Mei 2020 | 07:24:01
Pos COVID-19 di Pecandang Kota Lama Dibuka 14 hari kedepan
MAHARDIKANEWS TIM
Aly Yusuf, Lurah Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu- Riau. (photo source: Aly Yusuf).

Kunto Darussalam 

(mahardikanews) 

Pemerintah Kelurahan Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam resmi mendirikan dan mengaktifkan posko relawan COVID-19.


“Ini salah satu bentuk upaya pencegahan dan melindungi masyarakat dari penyebaran corona virus disease atau COVID-19. Kita bersama petugas gabungan di pos relawan akan periksa warga yang akan masuk ke kelurahan”, kata Lurah Kota Lama Aly Yusuf, Sabtu (2/5/2020).


Pengaktifan posko terangnya merupakan inisiatif pihak pemerintahan melalui dana swadaya. Untuk tahap pertama, pos yang didirikan di batas Kunto Darussalam dengan Pagaran Tapah Darussalam (pecandang) akan dibuka 14 hari kedepan melalui evaluasi kinerja selama 7 hari guna memastikan keefektifan posko.


Aly mengklaim, pengawasan pos relawan turut melibatkan tim gabungan dari petugas kesehatan unit pelaksana teknis dinas Puskesmas Kunto Darussalam I, Bhabinkamtibmas, Bidan desa, Babinsa, hingga perangkat desa RT/RW.


Petugas di posko juga dilengkapi alat pelindung diri atau APD termasuk alat pengukur suhu tubuh. Setiap warga yang masuk ke wilayah Kota Lama diwajibkan menjalani pemeriksaan suhu badan dan didata asal kedatangan serta kepentingannya datang.


Untuk pembagian tugas yang menyiagakan 5 petugas per shifnya akan diterapkan secara bergantian yakni dua shift. Shif pertama dimulai pukul 08.00 - 12.30 WIB, lalu dilanjutkan shift kedua pukul 12.30 - 17.00 WIB.


Pihaknya mencontohkan terdapat 4 perusahaan perkebunan besar di wilayah Kota Lama, yakni PT Sumber Jaya Indahnusa (SJI) Coy, PT Eka Dura Indonesia, PT Subur Arum Makmur, dan PTPN V Sei Rokan/ Sei Intan. Ramainya masyarakat yang keluar masuk menurutnya membuat resiko penyebaran virus lebih tinggi.


Semua perusahaan dihimbau ikut berpartisipasi membantu sembako untuk masyarakat terdampak COVID-19. Dari keempat perusahaan besar tersebut, hanya PT SJI Coy yang masih membantu 414 paket sembako.


“Dengan adanya pos relawan di Kampung Pencandang ini, kita harap nihil penyebaran COVID-19 di daerah kita ini”, harap Lurah Kota Lama Aly Yusuf.
(red-mnc)





Editor: AMBAR

©2020 MAHARDIKANEWS

all right reserved

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!