Sabtu, 15 Agustus 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Daerah
Jumat, 17 Juli 2020 | 06:36:11
Advertorial Pemkab Rokan Hulu
Bupati Rohul dukung ketahanan pangan di Tambusai Utara
MEDIA CENTER ROKAN HULU
Bupati  Rokan Hulu (Rohul) Sukiman berjabat tangan dengan petani, saat kegiatan gerakan tanaman bersama jagung hibrida, di Desa Tambusai Utara, Kecamatan Tambusai Utara.
Tambusai Utara 
(mahardikanews) 
Bupati Rokan Hulu (Rohul) resmi membuka Gerakan tanaman bersama jagung Hibrida oleh kelompok tani HKM Rawa Seribu di Tambusai Utara.

Bupati Rohul Sukiman menilai, gerakan tanaman bersama jagung hibrida oleh kelompok tani (koptan) masyarakat Desa Tambusai Utara Kecamatan Tambusai Utara di musim tanam tahun ini merupakan sebuah kegiatan positif dan sangat sesuai dengan kondisi pandemi COVID-19 saat ini.

“Ada 2 poin manfaat yang dapat kita peroleh dengan adanya tanaman jagung bersama ini, yakni masyarakat dapat antisipasi ketahanan pangan dan lahannya termanfaatkan khusunya di lahan yang terlantar”, ujar Sukiman, Kamis (16/7/2020), didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Mubrizal, GM PT Torganda Sabar Manik, para kepala OPD Camat, Kades Tambusai Utara Ismar Antoni, dan para kades lainnya di Tambusai Utara.

Selain mengantisipasi ketahanan pangan serta memanfaatkan lahan, tanaman jagung hibrida di luas lahan 32 Hektar nantinya diklaim bisa menjadikan lahan tanah menjadi produktif yang bernilai ekonomis dan bermanfaat bagi masyarakat desa.

Bupati mendata dari total 32 Ha luas lahan yang dibuka koptan, sebanyak 4 Ha telah ditanami benih bibit jagung, dan untuk sisa lahan 28 Ha lainnya diakuinya akan di cek dan dipantau langsung ke lokasi penanaman dikemudian hari.

“Kita harapkan ini tidak menjadi formalitas semata, namun dapat berguna sebagi bahan pokok untuk mensejahterakan ekonomi masyarakat petani di masa pandemi corona yang melanda”, imbuh Bupati Rohul Sukiman.

Sementara Kepala Dinas TPH Rohul Mubrizal, mengatakan penanaman benih jagung hibrida merupakan bantuan yang bersumber dari APBN tahun 2020. Lahan tani masyarakat Rohul yang dibantu tahun ini berjumlah 365 hektar dengan benih 30 Kg per Ha jenis super hibrida BISI-18.

Pemkab Rohul diakuinya fokus terhadap pertanian, selain tanaman jagung pemerintah juga memanfaatkan pertanian di sentral padi dan jenis tanaman lainnya yang sangat berpotensi untuk dikembangkan di negeri seribu suluk.

“Harapannya benih jagung ini kedepan menjadi unggulan dan dibudidayakan, sehinga mendorong agar masyarakat lainnya termotivasi menanam jagung”, ujar Kepala Dinas TPH Mubrizal.
(adv-kominfo)




Editor: AMBAR
©2020 MAHARDIKANEWS
all right reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!