Sabtu, 15 Agustus 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Daerah
Jumat, 24 Juli 2020 | 22:53:16
183 KK Warga Desa Pematang Tebih Kecamatan Ujungbatu Riau Terima BLT Tahap III
Maruba P Habeahan

Kepala Desa Pematang Tebih Selamat (3 dari kiri berdiri sedang memberikan sambutan dan arahan) didampingi Camat Ujungbatu Fisman Hendri SHut (4 dari kiri), pada acara penyerahan BLT DD Tahap III, Rabu (22/7/2020) di aula kantor Desa Pematang Tebih Kec. Ujungbatu Kab. Rokan Hulu, Prov. Riau

Ujungbatu (Mahardikanews.com)

Camat Ujungbatu Fisman Hendri SHut dan Kepala Desa (Kades) Pematang Tebih Selamat secara simbolis menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap III kepada warga mewakili 183 Kepala Keluarga (KK) penerima di Desa Pematang Tebih Kecamatan Ujungbatu Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau.


Penyerahan BLT DD yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu dilaksanakan Rabu (22/7) di aula Kantor Desa setempat. Selain dihadiri Camat Ujungbatu dan Kades Pematang Tebih, juga dihadiri Kapolsek Ujungbatu yang diwakili Bhabinkamtibmas desa, perangkat desa, tokoh masyarakat dan masyarakat penerima BLT tersebut.


Kades Pematang Tebih Selamat kepada sejumlah wartawan memaparkan, penyerahan BLT DD yang nominalnya Rp600 ribu per KK itu adalah untuk tahap III yang diawali dari tahap I bulan Mei dan tahap II Juni yang lalu. Jumlah penerima yang 183 KK dari sekira 2.200 KK warga Desa Pematang Tebih ini diseleksi para pengurus RT dan tidak ada intervensi dari Kades, merekalah yang menentukan warga yang layak menerima dari seluruh warga yang ada di RT nya masing-masing.


Sedangkan BLT DD yang bersumber dari APBN tahun 2020 tersebut Dialokasikan sekira 30 % dari DD yang nominalnya (sekira Rp1 milyar/desa seluruh Indonesia) yakni sekira Rp300 juta. Kemudian jumlah nominal tersebut dibagi 3 (3 bulan/Mei, Juni dan Juli) selanjutnya dibagi Rp600 ribu (Rp600 ribu/KK) yang menghasilkan kurang lebih 183 (183 KK)


Masih menurut Kades, DD tahun 2020 hingga Juli ini baru 70 % yang sudah dicairkan, yakni tahap I, 40 %, tahap II, 15 % dan tahap III 15 %  jadi masih sisa 30 % lagi yang belum dicairkan pungkas Kades.


Camat Ujungbatu Fisman Hendri SHut, yang diminta tanggapannya seputar penyerahan BLT DD tersebut, kepada Mahardikanews menandaskan, marilah kita bersama dengan kompak untuk membangun Kecamatan Ujungbatu yang kita cintai ini. Kritik itu tidak dilarang, tetapi kalau mengkritik haruslah yang sifatnya membangun bukan yang menjatuhkan dengan kelemahan orang. Terkait dengan warga penerima BLT DD yang ditujukan kepada warga yang layak yakni warga kurang mampu khususnya karena dampak covid-19 yang masih berlangsung adalah merupakan penilaian para ketua RT.
Perlu diketahui, tidak ada pendidikan untuk penilaian warga miskin atau yang layak menerima tentu dimungkinkan ada kelemahan dan kekurangan didalamnya, terang Camat. (MPH)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!