Sabtu, 15 Agustus 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Daerah
Kamis, 30 Juli 2020 | 22:15:07
Lahan pekarangan dapat kembangkan Pangan dan tingkatkan Gizi Keluarga
MAHARDIKANEWS TIM
Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman, bersama rombongan menyambangi masyarakat Kumain dan menyerahkan sejumlah bantuan di Desa Kumain Kecamatan Tandun, Rabu.
TANDUN 
(mahardikanews) 
Bupati Rokan Hulu (Rohul) bersama rombongan menyambangi masyarakat Kumain dan menyerahkan sejumlah bantuan di Desa Kumain.

Bantuan yang diserahkan Bupati meliputi 2 unit hand tractor atau traktor tangan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (KPP), serta Rp10,7 juta dana untuk bantuan bibit dan pupuk Kelompok Tani (Koptan) Wanita Lavender yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah Rohul.

“Bantuan-bantuan yang diberikan ini demi meningkatkan pengembangan pangan dalam memenuhi kebutuhan keluarga seperti sayur, buah-buahan, dan tanaman-tanaman lainnya disekitaran rumah tempat tinggal warga. Ini juga untuk sumber bahan pangan meningkatkan gizi hidup sehat, sehingga kuat dalam membangun desa”, kata Bupati Rohul Sukiman, Rabu (29/7/2020), di Balai Desa Kumain, Tandun.

Bupati berharap dan mengajak para Koptan-koptan lainnya di Kecamatan Tandun termotivasi mencontoh Koptan di Desa Kumain dengan memanfaatkan lahan-lahan yang berada di pekarangan untuk kebutuhan dan suplai gizi keluarga, apalagi dimasa pandemi COVID-19 sekarang ini yang sangat membutuhkan makanan bergizi demi kekebalan dan ketahanan daya tubuh.

Khusus terhadap Koptan Wanita Lavender diharapkannya dapat benar-benar memanfaatkan dana bantuan dengan baik dan mempergunakannya untuk membeli pupuk dan benih tanaman yang berkualitas, sehingga membuahkan hasil dikemudian hari dan bermanfaat untuk pemenuhan gizi keluarganya.

“Ibu-ibu koptan bisa manfaatkan lahan pekarangan untuk pengembangan pangan agar tersedianya sumber bahan pangan yang meningkatkan gizi keluarga, kualitas konsumsi pangan, serta juga menambah pengetahuan keterampilan dan sikap dalam usaha tani secara berkelompok”, ujar Sukiman, didampingi Ketua TP PKK Peni Herawati, Kepala Dinas KPP Barikun, Kasi Konsumsi Pangan Azwar, Camat Tandun M Rodi, Kades Kumain Darwadi, serta para Kades di Kecamatan Tandun.

Di penghujung kegiatan, 95 orang warga Desa Kumain juga menerima bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa, Rp100 juta untuk pembangunan Masjid Attaqwa, dan Rp18 miliar lebih program replanting untuk Koptan Kumain.
(red-mnc)




Editor: AMBAR
©2020 MAHARDIKANEWS
all right reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!