Rabu, 24 Januari 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Ekonomi
Jumat, 13 November 2015 | 14:26:35
Randiman Apresiasi Digelarnya Expo iB Vaganza 2015

Medan, mahardikanews - Penjabat Wali Kota Medan Drs H Randiman Tarigan MAP menyambut gembira digelarnya  Expo iB Vaganza 2015 di Atrium Utara Plaza Medan Fair Jalan Gatot Subroto Medan, Kamis (12/11). Selain sebagai salah satu sarana pokok perekonomian daerah, juga semakin menguatkan kedudukan dan peran Kota Medan sebagai kota jasa, perdagangan dan keuangan.

Ditambah lagi sektor tersier memberikan kontribusi yang paling besar terhadap PDRB Kota Medan yakni sekitar 72%. Di sisi lain lembaga perbankan dan lembaga keuangan lainnya juga  menyumbang lebih kurang 14%. Hal ini semakin memandakan fungsi Kota medan sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi, perdagangan, keuangan dan jasa secara regional dan nasional.

“Saya mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Otoritas Jasa keuangan (OJK), yang telah mempercaya Kota Medan sebagai tempat pelaksanaan Expo iB Vaganza . Apalagi even ini nantinya akan memberikan begitu banyak informasi perbankan yang menarik, khusunya produk-produk perbankan syariah,” kata Pj Wali Kota dalam sambutannya dibacakan Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis.

Mantan Kepala Bappeda Kota Medan ini selanjutnya berharap, even ini dapat memberikan segudang  informasi terkait produk-produk syariah, sekaligus mendorong kompetisi perbankan daerah yang lebih bervariasi serta teknologi baru yang lebih baik di tengah-tengah masyarakat. Di samping memberikan manfaat seluas-luasnya kepada industri perbankan sekaligus meningkatkan efisiensi dan kompetisi perbankan di Indonesia, khususnya di Kota Medan.

Expo iB Vaganza 2015 ini dibuka Sekda Kota Medan mewakili Pj Wali Kota Medan. Pembukaan turut dihadiri Direktur Pengawasan Bank Regional 5 Sumatera Otoritas Jasa Keuangan, Lukdir Gultom, Ketua Abisindo Sumatera Utara, Indra kesuma Yuzar, Deputi Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Utara, Dadal Angkoro, Direktur Kepatuhan PT Bank Sumut, Yulianto Maris serta  para Direksi bank Syariah Sumatera Utara.

Sebelumnya Direktur Pengawasan Bank Regional 5 Sumatera Otoritas Jasa Keuangan, Lukdir Gultom menjelaskan, Expo iB Vaganza merupakan program OJK  bekerjasama dnegan industri keuangan syariah dalam rangka memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang produk dan jasa keuangan syariah.

“Di samping itu masyarakat dapat secara langsung merasakan kemanfaatan produk keuangan syariah melalui berbagai layanan transaksi yang disediakan oelh industri keuangan syariah pada Expo iB Vaganza ini,” kata Gultom.

Dijelaskan Gultom, Expo ib Vaganza di Kota Medan ini merupakan kegiatan ke-13  yang telah dilaksanakan selama tahun 2015. Sebelumnya, teklah digelar di Kota solo, Mataram, Makassar, Puwokerto, Bengkulu, Bogor, Balikpapan, Banjarmasin, Semarang, Jakarta, Tasikmalaya dan Cilegon. Dari pelaksanaan Expo iB Vaganza itu, transaksi yang dihasilkan kurang lebih mencapai total Dana Pihak ketiga (DPK) sebanyak 143.734 rekening dengan nominal sebesar Rp.473 milyar dan pembiayaan dengan jumlah nominal realisasi mencapai Rp.326 miliar.

Kegiatan Expo iB Vaganza di Medan ini diikuti oleh 6 bank umum syariah, 9 unit usaha syariah, 4 BPRS dan 3 asuransi. Expo ini berlangsung selama 4 hari dengan menggelar berbagai kegiatan seperti talk show perbankan dan jasa keuangan syariah hiburan dan games, serta promosi produk/jasa keuangan syariah.

(FR/MNC)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!