Rabu, 20 Juni 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Ekonomi
Senin, 30 November 2015 | 09:55:59
Peresmian Wisma KSU Aek Natio
Koperasi Mampu Bertahan di Era MEA

POTONG PITA:
Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Erry didampingi Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan Bupati Labusel Wildan Azwan Tanjung serta isteri, memotong pita menandai peresmian Wisma Koperasi Serba Usaha (KSU) Aek Natio Group di Desa Simananggir, Kotapinang, Labuhanbatu Selatan (Labusel), Jumat (27/11/2015) malam.
Kotapinang, mahardikanews- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi optimis prinsif-pronsif yang diemban koperasi efektif menangkal gempuran persaingan di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan diberlakukan Desember mendatang.

Keyakinan tersebut dikemukan Tengku Erry Nuradi saat meresmikan Wisma Koperasi Serba Usaha (KSU) Aek Natio Group di Desa Simananggir, Kotapinang, Labuhanbatu Selatan (Labusel), Jumat (27/11/2015) malam.

Hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Erry, Bupati Labusel Wildan Azwan Tanjung, Ketua DPRD Labusel H Edimin, Pimpinan Perusahaan KSU Aek Natio Group Dian Christofer Anggara, Pemerakarsa Aek Natio Ir S.H. Situmorang, staf ahli Pangdam Kol Inf Toto Juarno, tokoh masyarakat dan seratusan anggota KSU Aek Natio Group.

Dalam kesempatan itu, Erry menegaskan, koperasi merupakan badan usaha punya ciri khas yang membedakannya dengan badan usaha lain. Pelayanan kepada anggota merupakan tujuan utama koperasi, karena dasar pembentukan koperasi adalah mencapai tujuan bersama. Tidak ada dominasasi seseorang atas orang lain karena keputusan tertinggi berada pada Forum Rapat Anggota.

“Profit bukan merupakan tujuan utama dan satu-satunya tolak ukur keberhasilan suatu koperasi. Keberhasilan koperasi justeru akan lebih berarti apabila para anggotanya dapat mengembangkan potensi ekonomi dan sosial yang dimilikinya. Fenomena yang ada pada era globalisasi merupakan tantangan terhadap nilai dasar dan prinsif koperasi yang justeru mengutamakan kebersamaan kolektivitas,” sebut Erry.

Koperasi dibentuk dengan tujuan antara lain untuk mensinergikan seluruh potensi yang dimiliki anggotanya untuk mencapai tujuan bersama. Keberadaan koperasi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kesejahteraan para pengusaha mikro selaku anggotanya melalui kegiatan yang berdasarkan pada prinsif kolektifitas.

Dalam rangka meningkatkan peran koperasi dalam perekonomian khususnya dalam membantu menggerakkan sector riil, maka upaya pemberdayaan koperasi merupakan suatu keharusan. Pemberdayaan kelembagaan koperasi meliputi pemberdayaan kelembagaan dan daya saing usaha koperasi.

“Badan usaha koperasi dengan prinsifnya yang khas, menjadi garda terdepan dalam memenangkan pertarungan ekonomi di era MEA nantinya. Kita tidak dapat memungkiri, era MEA akan mempengaruhi perekonomian nasional dimana persaingan semakin tinggi. Baik persaingan bidang perdagangan produk, maupun bidang jasa,” papar Erry.

Pemberdayaan kelembagaan koperasi sangat berkaitan dengan upaya peningkatan kualitas manajemen koperasi meliputi peningkatan pemahaman tentang jati diri koperasi, penerapan manajemen modern tanpa menginggalkan ciri khas dan jati diri koperasi, meningkatkan kualitas SDM pengelola organisasi koperasi dan meningkatkan pemahaman, peran serta dan loyalitas terhadap koperasi.

“Berdirinya Wisma Aek Natio ini merupakan wujud nyata keberhasilan seluruh pihak, baik pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan, masyarakat, maupun pengurus dan anggota Koperasi Serba Usaha Aek Natio Group dalam mengembangkan usaha koperasi,” puji Erry.

Pendirian dan pembangunan wisma dipandang sangat penting dan strategis serta prospektif, karena  sebagai wadah untuk menumbuhkan silaturahmi dan persaudaraan antar pengurus dan anggota KSU Aek Natio Group. Selain itu, keberadaan Balai Pertemuan Aek Natio Group juga dapat meningkatkan kehidupan perekonomian masyarakat Kota Pinang, terutama anggota KSU Aek Natio sendiri.

“Oleh karena itu, saya berharap gedung diperuntukkan dan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kegiatan-kegiatan sosial dan kemasyarakatan seperti acara pesta pernikahan, rapat-rapat dan lain sebagainya. Sebagian hasil dari pemanfaatan gedung dapat digunakan untuk kebutuhan perawatan, sebagian lagi menambah kas koperasi,” tambah Erry.

Tidak lupa Erry mengingatkan kepada pengurus dan anggota KSU Aek Natio Group untuk merawat wisma tersebut sebaik mungkin karena merupakan salah satu aset berharga.

“Lebih sulit menjaga dan memelihara dari pada membangunnya. Untuk itu, tidak hanya pengurus atau anggota koperasi, masyarakat yang menggunakannya juga memiliki tanggungjawab yang sama untuk melakukan perawatan. Jangan mebuang sampah sembarang apalagi merusak bagian dari bagunan gedung,” pesan Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry juga mengimbau pengurus KSU Aek Natio Group untuk lebih intensif melakukan pembinaan anggota dan masyarakat secara berkelanjutan.

Sementara Bupati Labusel Wildan Azwan Tanjung menyatakan apresiasi kepada KSU Aek Natio Group yang mampu membangun wisma dari hasil usaha bersama. Keberhasilan tersebut menjadi tanda kesuksesan koperasi menjalankan usaha.

“Keberadaan gedung ini merupakan hal yang membanggakan. Ini menjadi bukti keberhasilan usaha yang dilakoni secara bersama-sama. Tetapi jangan cepat puas, kita yakin KSU Aek Natio Group dapat meraih prestasi yang lebih baik di masa mendatang,” puji Wildan.

Pimpinan Perusahaan KSU Aek Natio Group Dian Christofer Anggara mengatakan, daya tampung Balai Pertemuan Aek Natio Group sebanyak 700 orang. Dapat digunakan untuk lokasi rapat, pesta pernikahan, pesta adat maupun kegiatan lainnya dengan harga terjangkau.

“Gedung Aek Natio juga dilengkapi fasilitas parkir kendaraan yang luas,” ujar Christofer.

Christofer menyebutkan, keberadaan Wisma Aek Natio sebagai tanda percepatan kemajuan ekonomi di Labusel, seiring dengan kebutuhan masyarakat dan investor akan tempat meeting serta pertemuan yang strategis.

(FR)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!