Jum'at, 16 November 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Ekonomi
Rabu, 24 Oktober 2018 | 19:34:33
Bibit Aren, Jengkol, Pete, Perdana Ditanam Di Hutan Desa Sei Kuning Seluas 10 Ha
MAHARDIKANEWS TIM
Peresmian pengurus Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) dan penanaman perdana bibit Aren atau enau di Kawasan Hutan Desa Sei Kuning, Tandun, Rokan Hulu, Riau, Rabu (24/10/2018) sore.

TANDUN

(mahardikanews)

Bupati Rokan Hulu meresmikan pengurus Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) dan melakukan penanaman perdana bibit Aren atau enau di Kawasan Hutan Desa Sei Kuning, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, pada Rabu (24/10/2018) sore.

"Semoga keberadaan tanaman aren dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan dan menjaga kelestarian lingkungan. Sebab, pengelolaan hutan desa sangat berorientasi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Namun perlu juga pertimbangan aspek lainnya yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan", ucap Bupati Rokan Hulu Sukiman, dalam arahannya.

Jika prinsip itu diabaikan dan tidak dipahami dengan baik, Sukiman menilai, akan terjadi kerusakan hutan yang membawa akibat buruk pada semua aspek kehidupan masyarakat dan lingkungan-lingkungan sekitarnya.

Kabupaten Rokan Hulu, Terang Sukiman, merupakan salah satu daerah penghasil aren, sehingga Pemerintah Kabupaten sangat mendukung penanaman aren untuk dimanfaatkan, agar penghasilan masyarakat Desa Sei Kuning kedepannya lebih baik dan meningkat.

"Kelolalah aren ini dengan baik dan nantinya jadi sentral aren di Rokan Hulu, khususnya di Riau. Ditanamnya bibit pohon aren, juga bibit pete dan jengkol hari ini, semoga memberi warna perkenomian masyarakat", imbau Sukiman, disela-sela penanaman, didampingi Camat Tandun M Rodi, Kepala Desa Sei Kuning Ilham Rahmani dan masyarakat setempat, yang dihadiri Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Rokan Hulu, Staf Ahli Bupati, serta para Kepala Desa se- Kecamatan Tandun.

Bupati berharap, kepada seluruh masyarakat Sei Kuning agar memanfaatkan hutan desa. Kemudian, menjaga hutan dengan menanam pohon sesuai peraturan Perundang-Undangan yang berlaku. Karena menurutnya, Hutan Desa adalah Hutan Negara yang dikelola oleh masyarakat dalam organisasi administratif pedesaan yang dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat desa.

Hutan desa nantinya juga, Jelas Sukiman, akan memberikan akses ke masyarakat, melalui LPHD dalam memanfaatkan sumber daya hutan secara lestari yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan atau kontinu.

Mantan Wakil Ketua DPRD Rokan Hulu tahun 2000-2004 itu, menghimbau masyarakat agar hutan desa seluas 10 hektare tersebut dimanfaatkan dan dikelola dengan baik. Sebab, Ia memastikan apa yang ditanam hari ini kelak akan berbuah seperti yang diinginkan dari usaha yang telah dilakukan bersama.*amb

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!