Selasa, 23 April 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Ekonomi
Jumat, 8 Maret 2019 | 12:17:38
Ketua KUD Intan Makmur Targetkan Tanaman Sawit 682 Ha Tuntas di Bulan Mei
MAHARDIKANEWS TIM
Setda Kabupaten Rohul, Pimpinan PT BOS dan Upika Kunto Darussalam, menanam perdana bibit kelapa sawit di lahan KUD Intan Makmur, Rabu (6/3/2019) pagi.
Kunto Darussalam 
(mahardikanews) 
Bupati Rokan Hulu (Rohul), diwakili Sekretaris Daerah (Setda) menanam perdana bibit kelapa sawit dari program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) di areal lahan perkebunan Koperasi Unit Desa (KUD) Intan Makmur, Desa Bukit Intan Makmur, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

Setda Kabupaten Rohul Abdul Haris, dalam sambutannya menerangkan tentang pelaksanaan program dana replanting yang digulirkan Pemerintah Pusat melalui Badan Pengelola Dana- Perkebunan Kelapa Sawit (BPD- PKS) yang sangat berpengaruh positif terhadap berkelanjutannya tanaman kelapa sawit di Indonesia.

Dia mengingatkan, seluruh kelompok tani sawit rakyat untuk bersinergi mengembangkan dunia kelapa sawit melalui KUD Intan Makmur di Desa Bukit Intan Makmur.

Karena selain PSR, disela tanaman sawit juga ditanami tumbuhan Jagung bantuan Pemerintah Kabupaten Rohul melalui Dinas Peternakan dan Perkebunan (Nakbun) untuk petani di lahan KUD Intan Makmur seluas 682 Hektare (Ha).

"Kita bersyukur program Pemerintah melaui BPD- PKS untuk bantuan Rp25 juta per Ha untuk PSR. Meski terdapat kesulitan, tapi itu agar program berjalan dengan baik", kata Setda Kabupaten Rohul Abdul Haris, didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Ir Sri Hardono, Rabu (6/3/2019) pagi.

Bibit yang akan ditanami juga dinilai merupakan bibit yang bagus dan terjamin kualitasnya serta bersertifikat. Kegiatan tersebut diharapkan menjadi pilot project atau proyek percontohan untuk seluruh kelompok tani, KUD dan koperasi-koperasi yang berada di daerah Rohul.

Sementara, Ketua KUD Intan Makmur Heri Suprapto, disela-sela penanaman perdana, mengajak untuk memupuk kebersamaan kelompok dan bersinergi mewujudkan kejayaan kebun kelapa sawit rakyat melalui program PSR.

Heri memperkirakan, dari total 682 Ha lahan sawit yang diremajakan, sekitar 75 persen telah tuntas untuk penanaman dari target 21 Februari 2019 lalu. Untuk bulan April mendatang, Dia menargetkan sudah tertanam 80 persen, dan di bulan Mei akan selesai seluruh penanaman 682 Ha.

"Doa kami, semoga kegiatan ini berjalan baik dengan niat baik, tujuan baik dan semoga sukses", harap ketua KUD Intan Makmur Heri Suprapto, dihadapan Camat Kunto Darussalam Ruslan, Kapolsek AKP S Sitinjak, pimpinan PT BOS Alexander Pranoto, perangkat Desa Bukit Intan Makmur, sejumlah ketua KUD, serta para kelompok tani di KUD Intan Makmur.*(amb)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!