Selasa, 23 April 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Ekonomi
Senin 1 April 2019 | 11:10:26
SHU dan Aset KUD Karya Mukti Meningkat
MAHARDIKANEWS TIM
Ketua KUD Karya Mukti Saman Icwan, menyampaikan sambutan dalam RAT tahun buku 2018 di aula KUD, Desa Tapung Jaya, Kecamatan Tandun, Rokan Hulu, Riau, Minggu (31/3/2019) pagi.
TANDUN 
(mahardikanews) 
Koperasi Unit Desa (KUD) Karya Mukti menggelar rapat anggota tahunan atau RAT tahun buku 2018 di aula KUD, Desa Tapung Jaya, Kecamatan Tandun, Rokan Hulu, Riau, Minggu (31/3/2019) pagi.

Kepala Desa Tapung Jaya Gusnadi, dalam kesempatan itu mengaku pihaknya tidak ingin memberikan intervensi kepada KUD. Kesadaran para pengurus untuk memajukan KUD dinilai poin penting sebagai keberhasilan KUD dalam mensejahterakan anggota.

Jika KUD kedepan semakin maju dan bisa menjadi Bank Desa yang bersaing dengan badan usaha milik desa atau BUMDes, Kades menginginkan pihak bank Mandiri agar dapat bekerjasama memberikan kemudahan pinjaman untuk masyarakat Tapung Jaya melaui KUD Karya Mukti.

Sementara, Sekretaris Camat Tandun Rasono SE, menyarankan agar pengurus tidak merasa puas dengan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang diperoleh KUD.

Kepada anggota, Dia menghimbau agar memenuhi kewajibannya, yakni membayar simpanan pokok, membayar simpanan wajib dan menabung simpanan sukarela. Hal itu dinilai untuk lebih membangun dan meningkatkan KUD.

Sedangkan, Manajer kebun plasma PTPN V Sei Tapung Hamdi, menyampaikan sejak dirinya menjabat sebagai Manajer pada bulan September 2018 lalu telah banyak tindakan dan kebijakan yang dilakukan pengurus untuk kemajuan dan perkembangan KUD.

Hal itu terangnya, terbukti dari laporan keuangan peningkatan aset KUD di tahun 2018 secara neraca lebih kurang mencapai Rp2 Miliar meningkat dari tahun 2017 lalu yang hanya Rp976 juta.

Kemudian, seperti meningkatnya produktivitas hasil produksi tandan buah segar atau TBS yang telah mencapai 21 ton per Hektare (Ha) per tahunnya. Jika kinerja pengurus-pengurus KUD di tahun 2018 terus lebih ditingkatkan, produksi TBS plasma Tapung Jaya dipastikan akan dapat memproduksi 24 ton per Ha per tahun.

"Yang paling penting adalah pengurus bisa menjaga cashflow atau aliran kasnya, KUD yang menjaga cashflow-nya pasti sanggup menjadi KUD yang besar dikemudian hari", imbuh Manajer kebun plasma PTPN V Sei Tapung Hamdi, dihadapan perwakilan dari Dinas Koperasi UKM Transmigrasi dan Tenaga Kerja Rokan Hulu Irfan, Badan Pengawas, Bhabinkamtibmas, Danramil, perwakilan khusus Bank Mandiri Ujung Batu, kelompok-kelompok tani dan ratusan anggota KUD Karya Mukti.

Dalam laporan pertanggungjawaban KUD Karya Mukti, pengurus yang diketuai Saman Icwan, didampingi Sekretaris Herman dan Bendahara Maman Saiman, mendata SHU KUD meningkat menjadi Rp591 juta dari tahun 2017 yang hanya mencapai Rp217 juta dengan jumlah anggota tahun 2019 berjumlah 501 orang dari sebelumnya 499 orang.

Untuk rencana kerja KUD Karya Mukti tahun buku 2019, yakni menjalankan unit Simpan Pinjam dengan jasa 1,5 persen per bulan dan maksimal pinjaman Rp25 juta jangka waktu 18 bulan, melanjutkan pembangunan Waserda dan bangunan Gudang Pupuk.

Kemudian, melanjutkan bangunan pagar depan kantor, renovasi kantor, dan alokasi dana sosial untuk kaum dhuafa dan anggota yang meninggal dunia.

Alokasi SHU tahun 2018, meliputi 40 persen untuk cadangan, 40 persen SHU bagian anggota, 5 persen dana pengurus, 5 persen dana karyawan, 5 persen dana pendidikan, 2,5 persen dana pemdaker dan 2,5 persen dana sosial.

Dipenghujung acara, para pengurus dan anggota KUD Karya Mukti mengakhiri kegiatan dengan pembagian doorprize atau karcis berhadiah secara undian untuk penyerahan berbagai hadiah berupa peralatan-peralatan rumah tangga.*(amb/mnc)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!