Minggu, 25 Agustus 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Ekonomi
Senin, 22 April 2019 | 22:45:41
Petani Diajak Ikut Sukseskan Upsus Pajale
MAHARDIKANEWS TIM
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Mubrizal.
Pasir Pengaraian 
(mahardikanews) 
Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berencana melakukan penanaman bibit padi sawah dan padi gogo di luas lahan ribuan hektare (Ha) yang tersebar di sejumlah Kecamatan se- Rohul.

Kepala Dinas TPH Rohul Mubrizal, mengatakan penanaman kedua bibit tersebut akan di tanam di luas lahan 4.795 Ha. Untuk luas penanaman bibit padi gogo dinilai lebih besar dibandingkan padi sawah yang hanya sekira 1.000 Ha.

Masyarakat atau petani, diingatkan bahwa jadwal penanaman padi gogo harus sesuai musim tanam yang ditetapkan oleh pemerintah daerah, sehingga hasil produksi sesuai target diharapkan.

Dia berharap, para petani lebih giat dan ikut mensukseskan penananman padi gogo. Sebab, bantuan bibit untuk porsi padi gogo di Rohul termasuk terluas daripada luas padi sawah.

“Dalam artian, produksi padi gogo nantinya akan memberikan kontribusi yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan beras lokal di Rohul, meskipun kita masih kekurangan beras”, ujar Mubrizal, Senin (22/4/2019), di Pasir Pengaraian.

Petani juga dihimbau mengelola lahan perkebunan yang dapat dimanfaatkan sebagai pengolahan tanaman pangan, baik padi gogo yang berada di lahan kering maupun Palawija (tanaman hasil panen kedua di samping padi).

Pihaknya memastikan, untuk musim tanam Palawija akan di mulai pada bulan Maret- April. Sedangkan untuk musim tanam padi gogo direncanakan penanaman di bulan Agustus- September 2019.

Petani yang memiliki lahan luas diharuskan tidak memfungsikan seluruhnya lahan untuk komoditi perkebunan, namun harus disisakan untuk pengolahan tanaman pangan lain, diantaranya tanaman padi. Karena harga komoditi tanaman pangan dinilai tidak akan turun, dan masyarakat dipastikan masih tetap mengutamakan kebutuhan untuk pangan.

Disamping itu, Mubrizal mengharapkan para penyuluh dapat mendorong dan membantu petani yang sedang mengalami kendala dalam penanaman Padi, Jagung, dan Kedelai (Pajale), serta membimbing petani mematuhi jadwal musim tanam Pajale yang telah ditetapkan pemerintah.‎

Setiap tahun terangnya, Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran untuk bantuan program Upaya Khusus (Upsus) Pajale yang dilaksanakan Dinas TPH Rohul di setiap desa yang juga berpotensi dilakukan pada 16 kecamatan‎ se- Rohul.

Seluruh petani kata Mubrizal, berpeluang mendapatkan bantuan bibit Pajale dari pemerintah, yakni dengan cara mengusulkannya melalui kelompok tani, dan pendataan oleh tenaga penyuluh lapangan sesuai jumlah lahan per kelompok tani.

"Bidang pertanian program Upsus tanaman Pajale setiap tahunnya merupakan salah satu program prioritas yang mendapat perhatian dan dukungan kuat dari Pemerintah Pusat untuk meningkatkan produksi pangan di Rohul", tandas kepala Dinas TPH Rohul, Mubrizal.*(maruba p habeahan)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!