Selasa, 22 Oktober 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Ekonomi
Kamis, 12 September 2019 | 13:16:26
Andes: Rincian APBDes Ngaso Tahun 2019
MAHARDIKANEWS TIM
Andes Siata, Kepala Desa Ngaso Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau. (Foto: MNC).
UJUNG BATU 
(mahardikanews) 
Pemerintah Desa Ngaso Kecamatan Ujung Batu merilis visual rincian informasi data realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Ngaso tahun 2019.

Kepala Desa Ngaso Andes Siata, memaparkan APBDes dalam bentuk baliho yang rutin dipajang setiap tahun sebagai salah satu transparansi kepada masyarakat. Pemajangan baliho juga terangnya, sesuai UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, himbauan Pemprov Riau dan Pemkab Rokan Hulu, serta himbauan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, yang mewajibkan untuk memuat rencana sampai realisasi dana desa (DD) berbentuk baliho agar mudah diketahui masyarakat.

“Informasi di baliho ini sengaja ditempatkan di titik strategis di depan kantor desa, sehingga semua orang tahu rincian DD dan realisasi anggaran-anggaran lainnya. Itu sudah aturan dari pemerintah pusat, pemprov, dan pemkab”, kata Andes Siata di Desa Ngaso, Kecamatan Ujung Batu, Rokan Hulu, Riau, Kamis (12/9/2019) pagi.

Jenis bangunan yang diperuntukkan terhadap warga sebutnya masih sama seperti di tahun-tahun sebelumnya, yakni pengerjaan fisik infrastuktur jalan, drainase, box culvert atau gorong-gorong, penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat atau pamsimas, dan sarana prasarana lainnya.

Andes mendata, jumlah anggaran pendapatan di Desa Ngaso mencapai Rp2,14 miliar yang terdiri dari Rp1,14 miliar DD, Rp903,2 juta alokasi dana desa (ADD), Rp21,8 juta pendapatan asli desa, Rp30,2 juta selisih belanja 2017, Rp10,1 juta pajak 2017, Rp6,5 juta pajak 2018 dan Rp18,8 juta tunda bayar ADD 2018.

Kemudian untuk belanja desa, meliputi Rp638,6 juta bidang pemerintahan desa, Rp1,48 miliar bidang pembangunan, Rp251,4 juta bidang pembinaan kemasyarakatan, Rp191,6 juta pemberdayaan masyarakat dan Rp18,8 juta bidang penanggulangan bencana alam.

“Semua proyek pengerjaan di desa kita dikerjakan secara gotong royong oleh elemen masyarakat di Ngaso. Saat ini DD sudah tahap II, mudah-mudahan semua pelaksanaanya dapat berjalan dengan lancar dan tepat sasaran untuk kepentingan masyarakat”, tandas Kades Ngaso Andes Siata.*(red/mnc)




Editor: AMBAR
©2019 MAHARDIKANEWS
all right reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!