Selasa, 22 Oktober 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Ekonomi
Selasa, 1 Oktober 2019 | 23:42:06
Perusahaan di Rohul Harus Miliki Rencana Matang Salurkan CSR Lewat Bappeda
MAHARDIKANEWS TIM
Rapat forum tentang tanggung jawab sosial perusahaan (TJSP) atau CSR, di Sapadia Hotel, Pasir Pengaraian, Selasa (1/10/2019).
Pasir Pengaraian 
(mahardikanews) 
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rokan Hulu mengadakan rapat forum tentang tanggung jawab sosial perusahaan (TJSP).

Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman dalam kesempatan itu menghimbau seluruh perusahaan di daerahnya‎ agar rutin menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) atau TJSP. Setiap pembangunan dinilainya harus dilakukan dengan penuh kebersamaan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat seperti pemerintah, pengusaha, pemuda, mahasiswa, dan tokoh-tokoh masyarakat.

“Perusahaan-perusahan memang selama ini memang sudah merealisasikan TJSP namun belum terkoordinir dengan baik, sehingga kemana-mananya tidak jelas. Artinya besarannya belum jelas, mungkin karena tidak dikoordinir, ya jadinya belum begitu bermanfaat banyak”, kata Sukiman di Sapadia Hotel Pasir Pengaraian, Selasa (1/10/2019), yang turut dihadiri stakeholder, pihak legislatif, forkopimda, kepala OPD, akademisi, LSM, mahasiswa, tokoh-tokoh, dan para perwakilan perusahaan se-Rohul.

Melalui TJSP, Bupati menghimbau seluruh manajemen perusahaan di Rohul harus memiliki perencanaan matang untuk melaksanakan pembangunan di wilayahnya, seperti bangunan fisik jembatan yang harus disalurkan lewat CSR perusahaan, bukan pemerintah.

Kabupaten Rohul terangnya telah mempunyai Peraturan Daerah (Perda) nomor 2 tahun 2015 tentang CSR. Namun sejauh ini Perda tersebut menurutnya belum terlaksana dengan baik, termasuk masih adanya penyaluran bantuan CSR dari perusahaan-perusahaan yang belum terkoordinir atau diselaraskan.

Bupati juga mencontohkan tentang pembangunan jalan di desa, perusahaan disekitaran desa diwajibkan harus ikut berpartisipasi melalu CSR. Tetapi sebelum dilaksanakannya kegiatan manajemen perusahaan dihimbau membuat perencanaan matang dan berkoordinasi dengan Bappeda Kabupaten Rohul sebagai koordinator atau organisatornya, guna mendapatkan rencana teknis penyaluran.

Secara umum, Pemkab Rohul juga diakuinya belum mengetahui persis berapa besaran CSR setiap tahun yang disalurkan oleh 52 perusahaan besar di daerah Negeri Seribu Suluk. Meski begitu, pihaknya tetap mengapresiasi perusahaan yang telah ikut serta bersumbangsih untuk pembangunan maupun perbaikan jalan, jembatan, tempat parkir‎,‎ sekolah, sektor kesehatan, dan sektor-sektor lainnya di Rohul. Perusahaan yang sudah ikut berkontribusi dipastikannya akan kelihatan.

Tentang perusahaan yang hanya menyalurkan CSR ketika terjadi peristiwa dilingkungannya, Bupati menegaskan akan memberikan teguran keras kepada perusahaan tersebut.

“Makanya dengan adanya rapat koordinasi ini agar lebih kita tekankan. Mungkin mereka belum paham, sehingga ngasihnya sembrono, tidak seimbang”, tandas Bupati Rohul Sukiman, yang turut diikuti perwakilan Bappeda Kabupaten Pelalawan yang telah menerapkan Perda CSR didaerahnya.*(red-mnc)



Editor: AMBAR
©2019 MAHARDIKANEWS
all right reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!