Kamis, 09 April 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Ekonomi
Selasa, 28 Januari 2020 | 08:47:55
Advertorial Pemkab Rokan Hulu
Bupati Sanjung BUMDes Sumber Rezeki
MAHARDIKANEWS TIM
Bupati Rokan Hulu menghadiri musyawarah pertanggungjawaban tahunan BUMDes Sumber Rezeki, di Desa Kota Raya, Kunto Darussalam, Sabtu.
Kunto Darussalam 
(mahardikanews) 
Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman menyanjung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Rezeki yang berada di Desa Kota Raya Kecamatan Kunto Darusalam.

Sanjungan dan pujian yang disampaikan Bupati atas pencapaian Laba Usaha BUMDes (LUB) yang dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat kota raya untuk peraihan sisa hasil usaha atau SHU BUMDes Sumber Rezeki.

“Ini karena warga Koto Raya dan seluruh pengelola BUMDes telah bersama-sama ikut membangun desa, sehingga LUB bisa tertinggi se-Kabupaten Rohul”, kata Sukiman, Sabtu (25/1/2020), saat acara musyawarah pertanggungjawaban tahunan BUMDes di Kota Raya, Kunto Darussalam.

Bupati menilai tingginya LUB karena warga dan pengelola telah ikut serta terlibat dan berpartisipasi dalam membangun serta mendongkrak perekonomian masyarakat. Untuk itu, BUMDes Sumber Rezeki Desa Kota Raya diklaim masuk kategori BUMDes sehat dan maju di negeri seribu suluk.

Pencapaian BUMDes kedepan diharapkannya dapat lebih ditingkatkan lagi dengan melibatkan kontribusi masyarakat, kepala desa, terutama pengurus BUMDes yang harus memiliki kesadaran tingggi dan bertanggungjawab dalam melaksanakan hak dan kewajibannya.

Mantan Dandim Inhil itu juga menceritakan tentang keberhasilan Pemkab dalam program pembangunan di sektor infrastruktur jalan yang dibangun sepanjang 160 kilometer pada tahun 2019. Infrastruktur yang dibangun tersebar di 139 desa, 5 kelurahan, dan 3 daerah eks transmigrasi se- Rohul.

Setiap pemimpin menurutnya harus punya niat tinggi untuk membangun daerah secara merata. Bila di zaman-zaman sebelumnya pembangunan terfokus di satu tempat saja, maka di zamannya 2 tahun 4 bulan tetap fokus dengan mottonya "Membangun Desa Menata Kota" meski mengalami keterbatasan anggaran selama 2 tahun di kepemimpinanya.

Dalam membangun, Pemkab terangnya tetap menyesuaikan kondisi keuangan daerah dengan postur Rp1,4 triliun anggaran pendapatan dan belanja daerah atau APBD Rohul. Bupati mencontohkan gaji PNS dan honor sudah hampir Rp800 juta per tahunnya, dan selebihnya digunakan untuk pembangunan sesuai keinginan masyarakat.

“Saya tetap sesuai motto saya Membangun Desa Menata Kota. Sudah sepanjang 160 kilometer jalan diaspal, di tahun-tahun sebelumnya”, ujar Bupati Rohul Sukiman, yang turut dihadiri Sekda Abdul Haris, Ketua TP PKK Peni Herawati, Kadis PMPD Margono, Kabid PAUD Disdikpora Supangat, Camat Kunto Darussalam Ruslan, para Kades se- Kunto Darussalam, pemanfaat BUMDes Sumber Rezeki, serta masyarakat kota raya.

Sementara Kepala Desa Kota Raya Agus Riyanto sebagai penasehat BUMDes Sumber Rezeki memaparkan modal awal BUMDes di tahun 2010 hanya mencapai Rp544,2 juta dan berkembang menjadi‎ Rp2,27 miliar per 31 Desember 2019 lalu.

Jumlah dana yang telah disalurkan dari Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam hingga Desember lalu berjumlah 
Rp39,8 miliar dengan 2.074 jumlah pemanfaat. Kemudian jumlah perguliran 153 orang sejak Januari sampai Desember berjumlah Rp4,55 miliar. LUB atau SHU selama dua tahun dari 2017 hingga 2019 terangnya mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni berjumlah Rp456,13 juta.

Hasil rapat internal pengurus, kedepan pihaknya memastikan akan membuka usaha-usaha lain, seperti BUMDes Mart yang dananya bermodal dari dana desa dan unit simpan pinjam. Lalu peternakan sapi dan pengadaan gas elpiji modal dari bantuan keuangan Provinsi Riau.

“Pastinya salah satu program BUMDes kita yaitu dengan konsep kepercayaan dalam membina masyarakat kurang mampu. Untuk program sosial, BUMDes juga salurkan bantuan berupa sapi ternak dan kambing kepada 10 warga kurang mampu yang saat ini telah berkembang dan berhasil”, jelas Agus.

Bupati Rohul juga dalam kesempatan itu mengukuhkan dan melantik pengurus Karang Taruna dan BUMDes Sumber Rezeki Desa Kota Raya. Para pengurus baru dihimbau agar lebih memajukan BUMDes yang bergerak di bidang unit usaha simpan pinjam dan unit kebun tersebut.
(adv-kominfo)




Editor: AMBAR
©2020 MAHARDIKANEWS
all right reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!