Kamis, 09 April 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Ekonomi
Rabu, 13 Februari 2020 | 15:02:27
Pasar Desa Ujung Batu Timur resmi beroperasi
MAHARDIKANEWS TIM
Kades Ujung Batu Timur Harde Yanto, Sekda Abdul Haris, Camat Ujung Batu Fisman Hendri, dan para perangkat desa, foto bersama saat peresmian pasar Ujung Batu Timur, Rabu.
UJUNG BATU 
(mahardikanews) 
Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman diwakili Sekretaris Daerah Abdul Haris, meresmikan Pasar Desa Ujung Batu Timur sempena memperingati hari jadi desa ke-17 tahun.

Kepala Desa Ujung Batu Timur Harde Yanto, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah atas perhatian, dukungan, dan bantuan anggaran untuk pengoperasian pasar desa yang dibangun sejak 7 tahun lalu.

Perjalanan pembangunan pasar desa mulai awal 2013 terangnya berawal dari lahan hibah diatas 2 hektar oleh beberapa orang tokoh masyarakat dan 2 hektar lainnya dari pemerintah daerah Rohul.

“Luas area pasar saat ini sudah menjadi 4 ha, dan merupakan salah satu lokasi pasar terluas di Ujung Batu. Pasar ini sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat peresmian penggunaannya. Kita juga harap dapat membuka lapangan pekerjaan baru serta meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat”, kata Harde Yanto, Rabu (12/2/2020), dihadapan Sekda Abdul Haris, ketua DWP Netti Herawati, Kepala Dinas Koperindag Hen Irfan, Forkopimcam, para kepala desa, perwakilan perusahan dan perbankan, serta masyarakat Ujung Batu.

Untuk serapan anggaran pembangunan pasar tiga tahun terakhir, Kades memaparkan Pemerintah Desa mendapat 4,5 milyar pada 2017, kucuran APBD Rohul 3 milyar di 2018, dan mendapatkan kue pembangunan di tahun 2019. Berdasarkan bocoran tahun 2020 ini juga diketahui pihak desa ini juga akan menerima alokasi serapan pembangunan untuk pengaspalan jalan menuju SMPN 4 Ujung Batu.

Pihaknya menyatakan sikap akan tetap dan komitmen bersama-sama melanjutkan pembangunan Rohul yang berjuluk Negeri Seribu Suluk atas bukti atensi dan action yang sudah ditunjukkan Pemda Rohul terhadap desa. Perhatian pemerintah di masa kepemimpinan kepala daerah Sukiman dinilainya sudah sangat besar.

Terkait Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Timur Sejahtera pada tahun 2017 pertama menjabat sebagai Kades, diingatnya kondisi BUMDes masih sangat memprihatinkan, karena tidak banyak unit usaha yang dapat dijalankan guna menambah pendapatan. Namun secara bertahap, BUMDes bisa bangkit dengan penghasilan dari sejumlah unit-unit usaha yang telah berjalan.

Sementara Sekda Kabupaten Rohul Abdul Haris, mengaku sangat tertarik melihat potensi yang dimiliki Pasar Desa Ujung Batu Timur. Karena selain letaknya yang strategis berada di pinggir jalan lintas provinsi, pasar tersebut juga memilki luas lahan pasar 4 ha.

Kedepan, Pemdes dan Direktur BUMDes dihimbaunya agar terus dapat membuat terobosan-terobosan terhadap pasar agar dijadikan wisata kuliner Pusat Jajanan Tradisional khas daerah Rohul.

Pasar Ujung Batu Timur diinginkannya beroperasi bukan hanya di hari pasar saja, namun dimanfaatkan menjadi pusat jajanan khas Rohul. Pasar juga dapat ditata dan diprogramkan agar terdapat pedagang-pedagang khusus jajanan, seperti cendol, dan para pedagang makanan khas daerah.

Pedagang pasar kata Sekda, bisa memanfaatkan program kredit usaha rakyat atau KUR lewat perbankan untuk suntikan modal usaha. Dengan bekerjasama dengan pihak ketiga, program KUR mampu menambah permodalan pedagang dan mendorong BUMDes mengeksploitasi modal guna memperbanyak modal usaha pedagang.

Sekda juga melihat masih banyak fasilitas-fasilitas penunjang pasar yang perlu dibenahi seperti fisik jalan dan bagian lantai depan kios yang mulai rusak dikarenakan lapuk lama tidak digunakan. Sementara untuk jalan menuju pasar sepanjang 130 meter, pihaknya mengaku tahun 2020 ini telah diintruksikan oleh OPD Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan melalui APBD Perubahan.

Terhadap hasil musyawarah pertanggungjawaban BUMDes atau MPTB Timur Sejahtera, diharapkannya memberi masukan kepada pihak pengelola agar terus berinovasi, yakni mengajak masyarakat, pelajar, dan perkumpulan lainnya untuk menabung di BUMDes.

“Saya yakin di desa ini masyarakatnya memiliki ekonomi yang tinggi, karena itu kita mengajak agar masyarakat mau menabung di BUMDes”, ujar Abdul Haris.

Di usia remaja desa ke- 17 tahun, Kades Ujung Batu Timur Harde Yanto juga melantik dan mengambil sumpah jabatan sejumlah jajaran perangkat desa meliputi ketua RT, RW, serta kepala dusun. Dilanjutkan pembagian doorprice utama kepada masyarakat dan beragam kegiatan kemeriahan lainnya.
(red-mnc)




Editor: AMBAR
©2020 MAHARDIKANEWS
all right reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!