Kamis, 09 April 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Ekonomi
Jumat, 24 Januari 2020 | 07:30:40
Advertorial Pemkab Rokan Hulu
Pengembangan program Unggulan Desa dapat tingkatkan Perekonomian
MAHARDIKANEWS TIM
Foto bersama usai menghadiri Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan BUMDes (MPTB) Luberti Jaya, di Desa Lubuk Bendahara Timur, Jumat.

Rokan IV Koto 

(mahardikanews) 

Bupati Rohul hadiri musyawarah pertanggung jawaban tahunan BUMDes (MPTB) Luberti Jaya di Desa Lubuk Bendahara Timur.


Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman menilai BUMDes Luberti Jaya sudah cukup bagus karena memiliki sejumlah unit usaha di desa. Kedepannya, para pengelola dihimbaunya harus membuat dan menambah terobosan-terobosan baru yang inovatif dalam mengelola BUMDes. Pengembangan program unggulan desa dinilai dapat meningkatkan perekonomian, sehingga desa bisa terbangun.


Bupati mengaku lebih kurang selama beberapa minggu terakhir terus berkeliling mengunjungi desa-desa untuk menghadiri MPTB sekaligus bersilaturahmi dengan warga. Setiap BUMDes menurutnya memiliki unit usaha-usaha berbeda dan laba yang berselisih.


Tentang permintaan Kepala Desa Lubuk Bendahara Timur untuk mengaspal jalan poros penghubung dari desanya ke Desa Sukadamai Kecamatan Ujung Batu diakuinya saat ini memang tetap fokus merealisasikannya lewat motto "Membangun desa menata kota".


Pemkab terangnya berupaya membangun seluruh jalan di Negeri Seribu Suluk secara bertahap dan menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah, sebab di tahun 2020 ini juga Pemkab menaikkan gaji Guru agama, Imam Masjid, petugas Jenazah, Posyandu, kelompok belajar mandiri desa (KBMD), RT dan RW di desa.


“Upah yang direalisasikan Pemkab tahun ini meliputi gaji guru Madrasah Diniyah Awaliyah atau MDA dari Rp200.000 menjadi Rp400.000 per bulan, kemudian Imam Masjid dan Bilal Rp400.000 per bulan, petugus penyelenggaraan Jenazah Rp6.000.000 per kelompok setiap tahun, insentif kader Posyandu, KBMD Rp25.000 menjadi Rp100.000, bantuan operasional untuk RW dari Rp300.000 naik menjadi Rp400.000 per bulan, dan ketua RT Rp270.000 dinaikkan menjadi Rp375.000”, jelas Bupati Rohul Sukiman, Jumat (24/1/2020), di Lubuk Bendahara Timur Kecamatan Rokan IV Koto.


Sementara Kades Lubuk Bendahara Timur Fahri Abdullah, menyampaikan secara rinci laporan MPTB Luberti Jaya. Per 31 Desember 2019 BUMDesnya memperoleh Laba Usaha BUMDes (LUB) dari simpan pinjam dan transaksi online Rp43.029.317 dengan perolehan LUB Rp41.108.105.


Dari jumlah laba itu, BUMDes dapat menyumbang 10 persen atau Rp4.302.000 pendapatan asli desa ke Pemdes. Untuk tunggakan pemanfaat BUMDes Luberti  Jaya dinilainya cukup tinggi, seperti per 31 Desember 2019 lalu tunggakan modal kerja Rp144.848.556. Kedepan, pihaknya menyatakan akan memberikan pengertian dan dispensasi kepada masyarakat agar bisa menyelesaikan tunggakan-tunggakannya.


Kades mengingat BUMDes Luberti Jaya berdiri pada 6 Januari 2011 silam, dan awalnya hanya memiliki 1 unit usaha yakni unit usaha simpan pinjam (USP). Setelah berkembang, kemudian membuka unit usaha transaksi online bekerjasama dengan bank BNI di awal bulan Februari 2019 lalu.


“Selain unit USP, kita juga bergerak di unit usaha transaksi online yang melayani transfer pembayaran angsuran kredit warga”, ujar Fahri Abdullah, yang turut dihadiri Ketua TP PKK Hj Peni Herawati, Ketua DWP Rohul Hj Neti, Kepala DPMPD Margono, Camat Rokan IV Koto Alfarid Toha, Direktur BUMDes, para Kades, serta masyarakat dan pemanfaat BUMDes.
(adv-kominfo)





Editor: AMBAR

©2020 MAHARDIKANEWS

all right reserved

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!