Sabtu, 15 Agustus 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Ekonomi
Jumat, 10 Juli 2020 | 07:53:21
Bupati dan Kapolres Rohul luncurkan program Kampung Tangguh di Rantau Sakti

Tambusai Utara 

(mahardikanews)

Bupati dan Kepala Kepolisian Resor Rokan Hulu (Rohul) resmi meluncurkan program Kampung Tangguh kepada masyarakat Desa Rantau Sakti Tambusai Utara.


Bupati Rohul Sukiman mengapresiasi program kampung tangguh atau jago kampung oleh Polri di negeri seribu suluk. Metode launching kampung tangguh menurutnya sangat membantu masyarakat yang terdampak COVID-19, karena nantinya bisa memanfaatkan kearifan lokal sekaligus membangun kemandirian masyarakat di Bidang Pangan.


“Apa yang dilakukan Polri ini sangat membantu pemerintah dalam persiapan masyarakat agar memulai kehidupan New Normal, dimana saat pandemi ini masyarakat harus tetap produktif dan bebas COVID-19. Apalagi program ini merupakan program kerja sama antara Polri, TNI, Pemkab, dengan elemen-elemen masyarakat lainnya”, kata Bupati Rohul Sukiman, Kamis (9/7/2020), dihadapan masyarakat Rantau Sakti Kecamatan Tambusai Utara.


Melalui program tersebut, Bupati berharap dapat membuahkan hasil pada peningkatan kebutuhan dan keperluan hidup keluarga serta meningkatkan taraf ekonomi masyarakat di masa pandemi corona virus disease (COVID) saat ini.


Sementara Kapolres Rohul AKBP Dasmin Ginting, menerangkan program jago kampong merupakan program Kampung Tangguh Nusantara yang sebelumnya dicanangkan Polri secara serentak di tingkat nasional.


Program Polri bersama TNI dan Pemerintah Daerah itu diakuinya untuk melakukan penyesuaian kearifan lokal di daerah. Jago kampung juga bertujuan membangun kemandirian masyarakat dalam situasi pandemi COVID-19 khususnya tangguh di bidang pangan.


“Metode ini juga bisa membentuk masyarakat yang mandiri dan tangguh dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat”, ujar AKBP Dasmin, yang turut dihadiri Ketua TP PKK Peni Herawati, pejabat Forkopimda, para Kabag dan Kasat Polres Rohul, Kepala OPD, Camat, kepala desa, serta tokoh masyarakat Rantau Sakti.


Selain di Tambusai Utara, Kapolres menyatakan telah meresmikan kampung tangguh di Desa Bencah Kesuma Kecamatan Kabun. Bila terus didukung pemda serta para pengusaha, selanjutnya secara bertahap akan menyentuh 145 desa/kelurahan di Kabupaten Rohul.


Di akhir kegiatan peluncuran kampung tangguh ditandai penanaman jagung dilahan seluas 2 hektar yang dihibahkan dan didukung oleh Sijus seorang tokoh masyarakat Rantau Sakti. Kapolres, Bupati, dan pejabat Forkopimda juga menabur 10.000 benih ikan dan memberi penghargaan kepada Kepala Desa Rantau Sakti Purwadi atas partisipasi lahannya mendukung program Polri.
(red-mnc)





Editor: AMBAR

©2020 MAHARDIKANEWS

all right reserved

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!