Sabtu, 20 Oktober 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Hukum
Kamis, 28 Juli 2016 | 10:55:14
Kepala Puskesmas Ujungbatu : Membedakan Kartu BPJS Asli dengan Palsu, Lihat Pada Nomor Seri Register dan Barcode
Hendra Amb
Kepla Puskesmas Ujungbatu, dr H Paisal Harahap (Hendra Amb)
Pasir Pengaraian (Mahardikanews)
Kesehatan adalah kebutuhan utama bagi masyarakat. Biaya kesehatan yang mahal menyebabkan rakyat antusias untuk menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Antusiasme rakyat untuk menjadi peserta BPJS tidak diimbangi oleh pengetahuan rakyat yang mumpuni tentang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan BPJS Kesehatan itu sendiri.

Lokasi pendaftaran peserta program JKN umumnya dilakukan di kantor-kantor BPJS Kesehatan, yang umumnya juga ada di tingkat Kabupaten/Kota. Hal ini membuat rakyat yang bertempat tinggal jauh dari ibukota kabupaten/kota mengalami kesulitan mendaftarkan dirinya, Dalam hal ini oknum-oknum nakal mengambil kesempatan untuk memalsukan kartu BPJS guna menguntungkan kepribadiannnya.

Hal itu disampaikan Kepala Puskesmas (Kapus) Kecamatan Ujungbatu, Kabupaten Rokan hulu (Rohul), dr H Paisal Harahap kepada mahardikanes.com, Rabu (27/7) diruang kerjannya. Jika sekilas dilihat kartu BPJS palsu itu memang sangat mirip dengan kartu BPJS Kesehatan asli. Untuk membedakannya dapat dilihat dari Nomor Seri Register dan Barcode (Kode Batang), Sebutnya.

"Sudah pasti ketahuan, karena pada saat proses transaksi pembayaran melalui Kartu ID Card (Kartu Identitas-red) dapat terbaca oleh sistem komputer sehingga proses pembayaran pasti ERROR dan Nomor identitas pemilik kartu tak terdata di BPJS, Ujarnya. Saya juga heran mendengar kabar berita hangat saat ini, mulai dari Polisi, Brimob, Dokter, Vaksin, Dan BPJS semua dipalsukan, terang Ketua IDI Kabupaten Rohul ini".

Ditempat terpisah, RH warga masyarakat Ujungbatu mengatakan hanya masih mendengar dan melihat berita di berbagai media Cetak, Tv, dan Elektronik saja. Sampai saat ini saya hanya melihat daerah-daerah diluar dari pada Riau saja, untuk kecamatam Ujungbatu dan sekitarnya belum ada saya temui, ungkapnya.

Diduga ini adalah permainan para calo. Untuk itu agar masyarakat mewaspadainya dengan mengurusnya langsung ke kantor BPJS kesehatan saja, sehingga tidak tertipu dengan kartu BPJS yang palsu, tandasnya.(END)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!