Rabu, 24 Januari 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Hukum
Senin, 17 April 2017 | 19:23:06
IKBR dan Masyarakat Batak Ujungbatu Serahkan Sumbangan Kepada Keluarga alm Andre dan Joni
Maruba Habeahan
Ketua DPD IKBR Kab Rokan Hulu,saat menyampaikan penjelasan kpd sejumlah wartawan usai pemberian sumbangan sosial kpd keluarga alm Andre dan Joni, Senin 17-4-2017 di Ujungbatu
Pasir Pengaraian (Mahardikanews)
Ikatan Keluarga Batak Riau (IKBR), Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau, bersama sejumlah masyarakat Batak Kecamatan Ujungbatu, Senin (17/4) sekira pukul 09.00 WIB, serahkan sumbangan sosial kepada keluarga almarhum Andre alias Ujang Tato dan Joni (abang dan adik kandung-red), di rumah keluarga almarhum Dusun Sukadamai, Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujungbatu. Sebelumnya, berkaitan dengan hal tersebut, Jumat (14/4) malam, telah dilangsungkan pertemuan di rumah Teddy Mirza Dal. Selain tuan rumah, hadir diantaranya H Hilip (anggota DPRD Rohul), H Darwin, Upika Ujungbatu lengkap, Camat, Kapolsek, Danramil. Dari IKBR Rohul, adalah Ketua dan Sekretaris DPD dan pengurus lainnya, serta pemuka masyarakat batak Ujungbatu lainnya.  

Seperti yang sudah diberitakan sejumlah media, akibat peristiwa perkelahian dua kelompok pemuda warga Kecamatan Ujungbatu, pada Rabu (12/4) sekira pukul 23.30 WIB, di Dusun Lintam, Desa Pematang Tebih, Kecamatan Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, dua orang meninggal dunia, yang juga telah diberitakan di media ini pada edisi Sabtu (15/4), judul “Perkelahian Dua Kelompok Pemuda di Rokan Hulu Riau, Dua Orang Meninggal Dunia” .

Pada acara penyerahan sumbangan, hadir antara lain Ketua DPD IKBR Kabupaten Rohul, Anturi Sianturi dan pengurus lainnya, didampingi sejumlah pemuka masyarakat Batak Kecamatan Ujungbatu, diantaranya J Limbong, S Marbun, BM Nainggolan dan yang lainnya, Orangtua dan abang kandung serta keluarga kedua almarhum, Teddy Mirza Dal (anggota DPRD Rohul), dari Upika Ujungbatu, Kapolsek Kompol Kari Amsah Ritonga SH SIK, Danramil Kapten (Infantri) Sulaiman bersama sejumlah personilnya, Tokoh-tokoh adat, para ketua pemuda, dan masyarakat Ujungbatu lainnya.   

Menjawab pertanyaan, Ketua IKBR Rohul kepada mahardikanews.com menyebutkan, IKBR salah satu wadah masyarakat batak yang ada di Rohul, bersama para pemuka masyarakat batak Ujungbatu, telah bersepakat memberikan sumbangan sosial kepada keluarga kedua almarhum. Tujuannya, supaya hubungan antar suku nantinya tetap harmonis dan Kamtibmas senantiasa tetap terpelihara khususnya di Ujungbatu ini. Jadi bukan mengintervensi penegakan hukum, proses hukum tetap harus dijunjung tinggi, untuk itu kita sudah mengadakan pendekatan-pendekatan, kepada semua tokoh, paguyuban, supaya semua menahan diri dan tidak terprovokasi, ungkapnya. 

Mengenai jumlah bantuan tidak perlu disebutkan, tetapi yang pasti segala kemampuan sudah diupayakan untuk menghimpun uang sumbangan, yang bersumber dari anggota IKBR DPC Ujungbatu, DPC Kunto Darussalam, dan sejumlah masyarakat batak Ujungbatu lainnya meliputi anggota STM Gang Horas, Jalan Durian, Jalan Jelutung, Ngaso, juga dari tokoh masyarakat lainnya. Namun demikian, diperkirakan dana tersebut sudah bisa menanggulangi biaya perobatan almarhum Joni, yang sempat dirawat beberapa hari di Rumah Sakit Pekanbaru, pungkas Ketua IKBR Rohul yang baru dilantik pada bulan Desember 2016 lalu ini. 

Lebih jauh disebutkan Parsinabung (protokol ada-red) marga Simatupang Ujungbatu ini, tanggapan dari pihak keluarga sangat baik, dan harapan mereka kiranya tidak ada yang terprovokasi, dan dengan peristiwa ini hubungan silaturahmi keduabelah pihak semakin harmonis ke depan. Pesan dan harapan kepada anggota IKBR dan pemuka masyarakat batak Kabupaten Rohul umumnya dan Kecamatan Ujungbatu khususnya, agar jangan cepat terpancing dan terprovokasi pada setiap peristiwa, secara khusus peristiwa yang baru terjadi pada malam kamis yang lalu, sehingga hubungan antar sesama masyarakat di Kabupaten Rohul yang heterogen ini tetap harmonis, terang mantan staf PTPN V ini.

Sebelumnya kepada SIB, Kapolres Rokan Hulu, AKBP Yusup Rahmanto SIK SH melalui Kasat Reskrim, AKP M Irawan SIK, menyebutkan tujuh dari delapan orang yang telah diamankan pasca peristiwa, ditetapkan sebagai tersangka, yakni DFP, PRS, FMSM, RS, HS, SP dan AS. Sedangkan terhadap FS ditetapkan sebagai saksi (kedelapan orang adalah anggota IKBR DPC Ujungbatu). (mar)   

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!