Sabtu, 15 Desember 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Hukum
Senin, 12 November 2018 | 23:14:51
Polres Rokan Hulu Sita 98,43 Gram Sabu dan 37,61 Gram Ganja Bernilai Rp300 juta‎.
HUMAS POLRES ROKAN HULU
26 Tersangka di Markas Komando Polres Rokan Hulu saat Konferensi Pers Pengungkapan kasus Narkoba atas Operasi Antik Muara Takus 2018/ Humas Polres Rokan Hulu
Pasir Pengaraian
(mahardikanews)
Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Rokan Hulu AKBP Muhammad Hasyim Risahondua, memimpin Konferensi Pers di halaman Markas Komando Polres Rokan Hulu, Jalan Diponegoro, Koto Tinggi, Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah, pada Senin (12/11/2018) siang, atas hasil pengungkapan kasus Narkoba dalam Operasi Antik Muara Takus 2018.

AKBP M Hasyim dalam keterangan pers itu, menyampaikan tentang bagian-bagian dari pengungkapan puluhan Perkara dan puluhan Tersangka hasil Ops Antik Muara Takus 2018 yang dilangsungkan Polres Rokan Hulu beserta sejumlah Polsek Jajarannya selama 21 hari, terhitung sejak 10 November sampai 31 Oktober lalu.

"Pengungkapkan 20 perkara dengan 26 tersangka‎ ini sebelumnya digelar oleh Satuan Narkoba Polres Rokan Hulu, Polsek ‎Ujung Batu, Kunto Darussalam, Rambah, Rambah Hilir, Tandun, Tambusai Utara dan Polsek Tambusai", sebut Kapolres, yang dihadiri Wakapolres Kompol Willy Kartamanah, Kasat Narkoba AKP Masjang, Paur Humas Polres Ipda Nanang Pujiono, serta para Kapolsek se- Rokan Hulu.

Pengungkapan 20 perkara dalam Ops Antik Muara Takus, terang AKBP M Hasyim, merupakan perkara kasus Narkoba yang diungkap oleh Satuan Narkoba Polres Rokan Hulu dengan jumlah 10 kasus dan 10 perkara dari Polsek jajaran.

Kapolres mendata, Barang Bukti (BB) Narkoba dari total 20 kasus itu yang berhasil disita Kepolisian meliputi 98,43 gram jenis Sabu dan 37,61 gram daun Ganja kering dengan nilai perkiraan uang mencapai Rp300 juta‎.

Ia menyatakan, BB terbanyak yang berhasil disita atas 20 perkara tersebut, yakni BB Narkoba jenis Sabu seberat 38,2 gram pengungkapan oleh jajaran Polsek Kunto Darussalam yang disita dari‎ Tersangka bernama Safrendi alias Feren.

Kemudian, disusul dari jajaran Polsek Ujung Batu yang mengungkap 25 gram Narkoba jenis Sabu. Namun, modus peredaran Narkobanya unik dan dinilai menggunakan cara terbaru dengan mengemas BB didalam makanan ringan untuk anak-anak.

"Modus baru Tersangka inisial IJ dalam perederan Narkoba di Ujung Batu dengan mengganti makanan ringan merk Momoki ini sudah berjalan 3 bulan terakhir. Setelah seluruh isi kemasan dibuang, Tersangka mengisinya dengan Narkoba jenis Sabu, kemudian kemasan di press menggunakan mesin khusus, lalu dijual ke si Pemesan", ungkap Kapolres AKBP M Hasyim.

Pelaku IJ dalam mengedarkan Sabu dengan modus baru itu, Menurutnya, akan dapat membahayakan bagi para generasi muda. Sebab kemungkinan peredarannya juga bisa diberikan kepada anak-anak atau pelajar di sekolah.

Sementara 26 orang Tersangka, Jelas Kapolres, rata-rata dinyatakan sebagai Pengedar dan Pengguna. Pengungkapan kasus-kasus Narkotika juga dinilai bermotif dan berbeda-beda, seperti melalui Kurir dengan cara mengirimkan uang lalu pengiriman barang.

Ia menjelaskan, dari 26 Tersangka, 6 diantaranya merupakan Residivis atau orang yang pernah dihukum mengulangi tindak kejahatan yang serupa atas perkara Narkoba, 1 oknum PNS dari Badan Pendapatan Daerah Rokan Hulu kasus kepemilikan Ganja dan sebagian Tersangka Warga diluar Kabupaten Rokan Hulu.

Terungkapnya perkara Narkoba dalam Ops Antik Muara Takus tahun 2018, kata Kapolres, meningkat dari tahun sebelumnya. Ia memastikan, Polres Rokan Hulu bersama jajaran Polsek akan terus dan serius dalam meminimalisir‎ angka Tindak Pidana Narkoba di wilayah hukumnya.

Sebab, diindikasikan, peredaran Narkoba di Rokan Hulu kini bukan hanya sudah berada di wilayah lintas daerah Kabupaten antara Pekanbaru-Rokan Hulu dan Kabupaten Kampar-Rokan Hulu, melainkan juga terdapat di wilayah lintas antara Provinsi.

Kapolres Rokan Hulu M Hasyim menambahkan, selain pengungkapan-pengungkapan Narkoba, Polres Rokan Hulu dan Polsek jajaran juga telah menggelar dan melakukan 82 kegiatan preventif, berupa penyuluhan ke sekolah dan desa-desa se- Rokan Hulu.*amb
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!