Rabu, 19 Juni 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Hukum
Jumat, 4 Januari 2019 | 18:06:22
Sat Reskrim Polres Rohul Tangani 28 Perkara dengan 28 Tersangka
MAHARDIKANEWS TIM
Kasat Reskrim Polres Rokan Hulu, AKP Harry Avianto, S.H., S.I.K
Pasir Pengaraian 
(mahardikanews) 
Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Rokan Hulu mendata puluhan perkara tindak pidana perbuatan Cabul yang ditangani penyidik, terhitung sejak bulan Januari hingga akhir bulan Desember tahun 2018 lalu.

"Dari 28 perkara dengan 28 tersangka yang ditangani telah dituntaskan unit PPA Sat Reskrim Polres Rohul", sebut Kapolres Rohul AKBP Muhammad Hasyim Risahondua, melalui Kasat Reskrim AKP Harry Avianto, pada Jumat (4/1/2019), di Pasir Pengaraian.

AKP Harry mencatat, dari 28 kasus pencabulan, rata-rata Pelaku merupakan orang dewasa. Sedangkan para Korban berusia dibawah umur.

Modus para pelaku, terangnya, dilakukan bervariasi atau berbagai cara, seperti pemaksaan, memberikan iming-iming dan menjanjikan sesuatu kepada calon korbannya. Namun, sebagian kasus lainnya dilakukan atas suka sama suka yang tetap diatur sebagai tindakan melawan hukum.

"Banyaknya kasus pencabulan yang terjadi selama 2018 tentunya sangat menjadi perhatian pihak Kepolisian. Apalagi perkara cabul ini termasuk salah satu perkara menonjol yang ditangani Polres Rohul pada tahun lalu", ucap AKP Harry Avianto.

Dia berharap, pihak-pihak yang mempunyai andil dapat ikut serta dalam mensosialisasikan ke masyarakat tentang bahaya perbuatan cabul, terutama kepada anak yang masih dibawah umur.

Disamping itu, pihaknya juga mengaku akan tetap melakukan penyuluhan-penyuluhan ke masyarakat tentang bahaya ataupun cara mencegah cabul meskipun sifatnya lebih kepada penegakan hukum.

AKP Harry menyarankan, upaya meminimalisir angka pencabulan terutama terhadap anak dibawah umur perlu adanya peran dari orang tua, baik mengontrol gaya hidup anak dan mengetahui pergaulan dengan teman-temannya.‎

"Polres Rohul juga akan menggerakkan Bhabinkamtibmas untuk penyuluhan bahaya cabul ke masyarakat. Karena kesehariannya berinteraksi langsung dengan masyarakat", tandas Kasat Reskrim Polres Rohul, AKP Harry Avianto.*(amb)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!