Sabtu, 20 Juli 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Hukum
Kamis, 2 Mei 2019 | 07:22:11
Kanwil Kemenkumham Riau Gelar Penyuluhan Hukum di Rohul
Maruba Habeahan

Foto Bersama : Usai pembukaan, Plt Asisten Administrasi Setda Rokan Hulu DR Dipendri SPd MM (6 dari kiri), foto bersama dgn Kabid Hukum dan JFT Penyuluhan Hukum Pertama Kanwil Kemenkumham Provinsi Riau sbg narasumber yakni Edison Manik SH MSi dan Ariston Turnip SH (5 dan 2 dari kiri) serta pejabat lainnya, pada acara penyuluhan hukum terpadu,  Selasa 30-4-2019 di ruang rapat lantai 3 kantor bupati setempat

Pasir Pengaraian (Mahardikanews) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Riau gelar penyuluhan hukum terpadu di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Selasa (30/4), di lantai 3 Kantor Bupati Rohul. Hadir antara lain, Plt Asisten 3/Administrasi Setda Rohul, DR H Dipendri SPd MM, Para OPD di lingkungan Pemkab Rohul, Kabag Hukum H Edi Suherman SH, Kasubbag Bantuan Hukum & Humas Syawal SH. Dari Kanwil Kemenkumham Riau, yaitu Kabid Hukum Edison Manik SH MSi, JFT (Jabatan Fungsional Tertentu) Penyuluhan Hukum Pertama Ariston Turnip SH dan sejumlah Staf lainnya. Ketua LBH Sahabat Keadilan Andri SH, serta lima puluhan peserta (informasi panitia) yg terdiri dari para Camat, Kades dan Lurah se Kabupaten Rohul.

Acara dibuka Plt Asisten Administrasi Setda Rohul dengan nara sumber, Kabid Hukum dan JFT Penyuluhan Hukum Pertama Kanwil Kemenkumham Provinsi Riau.

Menjawab pertanyaan, Kabid Hukum Kanwil Kemenkumham kepada mahardikanews.com menjelaskan, acara ini adalah penyuluhan hukum terpadu, yaitu kerjasama Kanwil Kemenkumham Provinsi Riau dengan Pemkab Rohul. Materi yang disampaikan, 1. Terkait Undang-Undang nomor 16 tahun 2011 tentang bantuan hukum bagi masyarakat miskin 2. Terkait tatacara berperkara/ber-acara di Pengadilan Negeri maupun Pengadilan Agama 3. Terkait dengan mekanisme pembentukan kelompok sadar hukum dan desa sadar hukum, ungkapnya.

Sedangkan tujuan ke Rohul, adalah memberikan informasi hukum kepada masyarakat agar mengetahui hukum semakin baik lagi, artinya hukum itu disuluh atau dibarakan kembali. Dengan harapan di Kabupaten Rohul akan terbentuk desa dan kelurahan sadar hukum, karena sampai saat ini Kabupaten Rohul belum ada desa/kelurahan sadar hukum, terangnya.

Lebih jauh disebutkan Kabid, pembentukan desa/kelurahan sadar hukum tersebut, diawali pembentukan kelompok-kelompok keluarga sadar hukum di desa desa, kemudian akan mendapat pembinaan-pembinaan dan jika kelompok-kelompok tersebut sudah layak maka bupati akan membuat SK sebagai Desa Sadar Hukum dan selanjutnya mengusulkannya kepada gubernur untuk diresmikan Menkumham menjadi Desa Sadar Hukum, tandasnya.

Pada kesempatan itu, Edison memaparkan terkait Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang akan memberi bantuan hukum bagi masyarakat miskin secara gratis, adalah LBH yang sudah terverifikasi, dan untuk Kabupaten Rohul adalah LBH Sahabat Keadilan, pungkasnya.

Terkait bantuan hukum bagi masyarakat miskin, Ketua LBH Sahabat Keadilan Andri SH menyebutkan,  YLBH Sahabat Keadilan Kabupaten Rohul selaku Pemberi Bantuan Hukum bagi masyarakat tidak mampu ( miskin ) yg telah memenuhi kualifikasi berdasarkan Undang Undang nomor 16 Tahun 2011 tentang bantuan Hukum Junto Perda nomor 6 tahun 2016,  bekerjasama dengan Kanwil Kemenkumham Provinsi Riau dan Bagian Hukum Setda Rokan Hulu,  selaku penyelenggara bantuan hukum, melayani masyarakat yg tdk mampu untuk mendapatkan keadilan hukum secara cuma-cuma ( prodeo ).
Penerima Bantuan Hukum cukup melampirkan surat keterangan tidak mampu/surat miskin dari kantor desa, serta menyampaikan uraian pokok masalah hukum yg dihadapi. Atau dapat langsung datang ke Kantor YLBH Sahabat Keadilan Rohul, di Jalan Tuanku Tambusai ( depan MTS N 1) Desa Pematang Berangan, Kecamatan Rambah, Pasir Pengaraian tandasnya. (mar)

Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!