Minggu, 05 Juli 2020
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Hukum
Jumat, 14 Februari 2020 | 06:47:22
Advertorial Pemkab Rokan Hulu
Bupati Rohul: Karhutla menjadi tugas dan tanggungjawab bersama
MAHARDIKANEWS TIM
Bupati Rohul Sukiman bersama Kapolres AKBP Dasmin Ginting, menghadiri rakor Karhutla Provinsi Riau, di balai Serindit, Pekanbaru.
ROKAN HULU 
(mahardikanews) 
Bupati Rokan Hulu (Rohul), mengapresiasi usaha jajaran Kepolisian dan TNI dalam deklarasi serta simulasi penanggulangan Karhutla.

“Pemkab mendukung komitmen serta upaya yang dilakukan pihak kepolisian di jajaran Polres dan TNI dalam giat apel kesiapsiagaan, deklarasi penandatanganan kesepakatan pencegahan penanggulangan, dan simulasi tentang Karhutla di wilayah kecamatan se- Rohul. Dengan harapan, Rohul menjadi salah satu kabupaten di Riau yang zero titik api”, kata Bupati Rohul Sukiman, usai mengikuti rapat koordinasi Karhutla tingkat Provinsi Riau, Rabu (12/2/2020), di balai Serindit, Pekanbaru.

Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan terangnya yakni memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan ataupun menebang pohon dilahannya dengan cara membakar.

Bupati mengklaim Rohul merupakan salah satu Kabupaten di Riau yang minim titik api setiap tahunnya. Namun Karhutla menurutnya bisa terjadi kapan saja dengan unsur disengaja maupun kelalaian oknum. Oleh sebab itu sangat perlu diberikan sosialisasi melibatkan Pemerintah Desa dan Kecamatan se- Rohul, supaya elemen masyarakat paham bahaya dan dampaknya.

Pemda Kabupaten Rohul juga dipastikannya akan selalu berupaya mencegah dan mengurangi risiko dampak dari bencana tersebut. Karhutla tidak saja menjadi tugas pemerintah, melainkan harus turut menjadi peran dan tanggungjawab bersama.

Bagi masyarakat yang berencana membuka lahan pertanian maupun perkebunan dengan cara membakar, dihimbaunya bisa memahami dan menyadari dampaknya, sehingga Kabupaten Rohul yang berjuluk Negeri Seribu Suluk terhindar dari Karhutla.

“Pengendalian Karhutla merupakan tanggung jawab bersama, dan perlu peran semua pihak agar dapat diatasi sedini mungkin. Pemda bersama masyarakat harus bersama-sama melakukan penanggulangan dan dampak risiko dari musibah bencana alam itu.
(adv-kominfo)




Editor: AMBAR
©2020 MAHARDIKANEWS
all right reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!