Sabtu, 30 Agustus 2014
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Hukum
Selasa, 27 Agustus 2013 | 05:36:28
Jaksa Akhirnya Daftarkan Kasasi Putusan Bebas Rahudman Harahap ke MA
Net
Mahkamah Agung
MEDAN(MAHARDIKAnews): Putusan bebas majelis hakim terhadap Rahudman Harahap dalam perkara korupsi Dana Tunjangan Penghasilan Aparatur Pemerintah Desa (TPAPD) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Tahun 2005 akhirnya dikasasi. Jaksa penuntut umum (JPU) secara resmi mendaftarkan kasasi tersebut, Senin 26 Agustus 2013.

“Telah kami daftarkan kasasinya ke MA. Upaya kasasi kami lakukan untuk membuktikan fakta yang sebenarnya dalam kasus ini,” kata JPU Perkara TPAPD Marcos Simaremare kepada wartawan di Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Sebelum mendaftarkan kasasi ini, jaksa telah mempelajari secara cermat putusan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Medan yang diketuai Sugiyanto.

Pada kasasi nanti, JPU berharap hakim bisa melihat fakta sesungguhnya yang terjadi pada kasus korupsi dana TPAPD Kabupaten Tapsel Tahun 2005. “Selama ini, dalam persidangan juga jelas disebutkan saksi-saksi, terutama Amrin Tambunan, yang merupakan bawahan Rahudman pada waktu itu. Saksi ini menjelaskan bahwa pencairan dana itu atas perintah atasannya, yaitu sekda. Saat itu sekda dijabat Rahudman,” papar Marcos.

Dengan keterangan para saksi, jaksa yakin dan optimistis bisa membuktikan dakwaan mereka sebelumnya di tingkat kasasi nanti. Untuk menghadapi ini, JPU sudah menyusun memori kasasi sejak putusan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Medan beberapa waktu lalu.

Meski di pengadilan tingkat pertama bebas, menurut Marcos, pada kasasi nanti JPU yakin Mahkamah Agung akan memvonis Rahudman bersalah sesuai tuntutan sebelumnya, yakni selama empat tahun penjara. “Kami yakin akan divonis sesuai tuntutan,” tukasnya.(R4)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!