Sabtu, 16 Desember 2017
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Internasional
Jumat, 19 Februari 2016 | 20:55:32
Terima Kunjungan Puluhan Wartawan Malaysia
Erry Harapkan Media Malaysia dan Indonesia Saling Dukung Manfaatkan Era MEA

KUNJUNGAN WARTAWAN MALAYSIA: Plt Gubernur Sumut berfoto bersama rombongan wartawan asal Perak Malaysia dan pengurus PWI Sumut usai jamuan makan siang dan temu ramah di rumah Dinas Gubernur Sumut, Jl Sudirman Medan, Jumat (19/2/2016).
Medan, mahardikanews- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi berharap media Malaysia dan Indonesia saling dukung dan tukar informasi dalam menyiasati era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang telah diberlakukan sejak awal Januari 2016 lalu.

Harapan tersebut disampaikan Tengku Erry Nuradi saat menerima kunjungan sekitar 50 wartawan dari berbagai media, baik cetak, radio, online dan televisi asal Negeri Perak, Malaysia, dalam rangka jamuan makan siang dan temu ramah di rumah Dinas Gubernur Sumut, Jl Sudirman Medan, Jumat (19/2/2016).

Hadir dalam acara itu pengurus Perwatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumut, Staf Alhi Bidang Hukum Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sekaligus menjabat Plt Asisten I Bidang Pemerintahan Ferlin Nainggolan, Plh Kominfo Sumut HM Ayub SE, Staf Ahli Riadil Akhir dan sejumlah SKPD Sumut lainnya.

Dalam kesempatan itu, Erry menyatakan, selain mengeratkan hubungan silahturahmi antara media Malaysia dan Sumut, kedua belah pihak harus bersinergi saling tukar informasi dan hubungan kerjasama dalam menyiasati era MEA. Tujuannya, agar Malaysia dan Indonesia mendapatkan manfaat positif dari pemberlakuan MEA.

“Hubungan yang baik antara media Malaysia dan Indonesia harus saling mendukung sehingga menjadi kekuatan regional. Kedua negara harus mendapatkan manfaat dari pemberlakuan era MEA,” harap Erry.

Erry juga menyatakan apresiasi atas hubungan Malaysia dengan Indonesia yang terus berkembang baik, terutama dengan Pemprov Sumut yang secara georafis berdekatan dengan Malaysia.

“Hubungan Sumatera Utara dengan Malaysia semakin menggembirakan. Saya berkeyakinan kerjasama media massa ke depan juga akan semakin baik,” ujar Erry.

Hai itu terbukti dengan perkembangan dunia investasi yang melibatkan investor dari Malaysia.

“Perkembangan dunia investasi tersebut, menjadi salah satu indicator bahwa hubungan bisnis antara Malaysia dengan masyarakat Sumut terjalin harmonis,” Sebut Erry

Secara sederhana, Erry memaparkan berbagai potensi investasi dan hubungan bisnis yang memungkinkan dilakukan dengan investor Malaysia diantaranya bidang pengembangan kawasan wisata Danau Toba, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei di Kabupaten Simalungun yang akan terintegrasi dengan Pelabuhan Kuala Tanjung memalui jalur keretaapi dan pengembangan kawasan Inalum sebagai industri strategis nasional yang bergerak di bidang peleburan alumunium.

“Semua potensi ini memungkinkan menjalin kerjasama dengan investor dari berbagai negara, termasuk Malaysia,” jelas Erry.

Tidak lupa Erry menawarkan rombongan wartawan Perak untuk menyempatkan diri mengunjungi sejumlah kawasan wisata di Sumut, termasuk Danau Toba dan sejumlah bangunan bersejarah (heritage) di Kota Medan seperti Istana Maimun Medan.

“Dengan mengunjungi daerah wisata, kami berharap media Malaysia dapat menyampaikan informasi positif kepada khalayak luas di negara asal akan potensi wisata di Sumut. Demikan juga sebaliknya media Indonesia nantinya,” harap Erry.

Rombongan wartawan asal Perak Malaysia dalam rangka kunjungan jurnalistik di pimpin Datuk Wira H Samaluddin Bin Abdul Rahim sebagai perwakilan Setia Usaha Agung Persatuan Kontraktor Melayu Malaysia.

Dalam kesempatan itu, Datuk Wira H Samaluddin Bin Abdul Rahim berharap ikatan silahturahim Indonesia dan Malaysia terus berjalan harmonis sepanjang masa. Kedua negara dari rumpun yang sama. Bahkan kedua negara memiliki silsilah kekerabatan yang sangat erat satu sama lain.

“Kakek saya berasal dari Pekalongan. Ibu saya asal Bugis,” jelas Datuk Wira.

Pada pertemuan, Ketua PWI Sumut Hermansjah dan Ketua Kelab Sukan dan Kebajikan Media Negeri Perak Malaysia Wan Asrudi Wan Hasan menandatangani kerjasama bidang informasi dan MEA disaksikan Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi.

Ketua PWI Sumut, Hermansjah mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan membalas dengan melaksanakan kunjugan jurnalis ke Negeri Perak Malaysia .

“Terselenggara pertemuan ini juga masih dalam suasana Hari Pers Nasional yang jatuh pada 9 Februari, yang merupakan hari lahir PWI,” ujar Hermansjah.(FR/MNc)


Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!