Jum'at, 16 November 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Internasional
Jumat, 20 April 2018 | 16:44:37
Peringati Hari TB Sedunia, Sukiman Beri Replika Kunci Mobil Labor TBC Ke Dinkes Rohul
Sukiman didampingi Damri Harun Serahkan Replika kunci mobil laboratorium TBC keliling kepada Kepala Dinkes Rohul dr Bambang Triono, di Halaman Kantor Bupati Pasir Pengaraian, Kamis (19/4/2018)
PASIR PENGARAIAN
(MahardikaNews)
Memperingati hari Tuber Culosis (TB) sedunia, Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman, didampingi Sekretaris Daerah Rohul Ir Damri Harun, menyerahkan Replika kunci mobil laboratorium TBC keliling kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Rohul, di halaman kantor Bupati, Pasir Pengaraian, Kamis (19/4/2018).

"Penyerahan ini merupakan suatu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Rohul dalam mendukung program 'Indonesia Bebas TBC tahun 2030", ucap Sukiman saat meluncurkan Laboratorium TBC keliling di hari TB sedunia.

Penularan penyakit TBC, Menurut Sukiman lebih disebabkan karena masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Untuk itu, bersempena peringatan hari TBC sedunia, Sukiman menghimbau masyarakat dapat meningkatkan kesadarannya terhadap kebersihan lingkungan.

Usai menyerahkan mobil laboratorium TBC keliling kepada Dinkes Rohul, Sukiman berharap laboratorium keliling khusus TBC tersebut bisa menunjang tindakan antisipasi dan deteksi dini terhadap penderita TBC di wilayah desa-desa.

"Saya harapkan keberadaan mobil laboratorium TBC keliling ini dapat memaksimalkan upaya kita dalam membantu masyarakat yang terkena TBC. TBC itu penyakit menular yang berbahaya. Adanya laboratorium keliling ini tentunya akan membantu deteksi dini penderita TBC, sehingga cepat ditangani", Ujar Sukiman.

Sementara, Kepala Dinkes Rohul dr. Bambang Triyono mengatakan, Laboratorium TBC merupakan inovasi dari Dinas dalam mengantisipasi lonjakan penderita TBC di Kabupaten Rohul. Mobil laboratorium TBC keliling yang tidak bisa difungsikan, Jelasnya, akan direkondisi agar kembali dimanfaatkan menjadi laboratorium TBC keliling.

Bambang memastikan, penderita TBC di Rohul memang masih tergolong rendah. Meski demikian, diakuinya Dinkes akan tetap melakukan upaya antisipasi serta deteksi dini terhadap penyakit mematikan tersebut dengan mengoperasionalkan mobil laboratorium TBC.

Gejala-gejala TBC, Terangnya diawali dengan tanda-tanda batuk tak henti selama 2 minggu, kondisi fisik menurun dan berkeringat. Ketidaktahuan masyarakat tentang TBC, kata Bambang setelah mengalami batuk darah. Dengan laboratorium keliling yang dilaunching, masyarakat yang mengalami gejala awal TBC dapat diketahui terkena atau tidak.

Dalam peringatan hari TB sedunia itu, Bupati beserta para pejabat dilingkungan Pemkab Rohul juga membubuhkan tanda tangan dan Cap tangan (Toss TB) sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah mendukung Indonesia Bebas TBC 2030.*(amb)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!