Rabu, 20 Juni 2018
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Nasional
Jumat, 22 April 2016 | 20:14:42
24 Komunitas Di Kota Medan Gelar Peringatan Hari Bumi

Medan, mahardikanews- Sebanyak 24 komunitas di Kota Medan menggelar acara peringatan Hari Bumi 2016,  acara peringatan hari bumi ini dikemas dengan aksi peduli lingkungan anak Medan didalam  menjadikan lingkungan yang  Asri,  menjadikan bumi dan kota yang indah. Jumat (22/4) di Lapangan Cadika Medan Johor. Kegiatan ini dihadiri Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin dan Wakil Walikota Medan Ir Ahkyar Nasution. Kegiatan ini diwarnai dengan pembacaan ikrar  pelestarian bumi oleh perwakilan 24 Komunitas dan puisi diiringi gitar tunggal  yang bertemakan selamatkan bumi oleh Riski, Nurul dan Fadli.

Juga hadir Kapolresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Dandim 0201/BS Kolonel Inf Maulana Ridwan, Wakil Ketua DPRD Medan Iswanda Nanda Ramli, Kepala Kwarcab Pramuka Kota Medan M Husni, pengurus Apsindo Arman Chandra, Kepala Badan Pengelolaan Sungai Wampu Ahmad Sofyan dan para komunitas yang tergabung dalam konsorsium Kedan Kreatif.

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin mengatakan,  hari bumi dipertingati setiap 22 April  merupakan perwujudan refleksi akan keadaan bumi, bumi semakin menua dan renta semakin banyak pula beban yang dipikulnya, masalah polusi global, kepadatan penduduk, eksplorasi hasil bumi oleh orang yang tak bertanggung jawab dan masalah lainnya mnjadikan bumi semakin sakit.

Menurutnya,  kedaan bumi yang direfleksi sehari ini tidaklah cukup tanpa tindakan nyata serta perbaikan secara perlahan tapi pasti yang dapat mmbantu melestarikan bumi, untk itulah diharapkan melalaui peringatan hari bumi ini semua mampu berkomitmen dan mengambil langkah yang strategis dalam menyelamatkan bumi.

" Pemerintah kota memberikan apresiasi kpada 24 komunitas lingkunagn ini dan siap untuk bekerja sama guna melakukan berbagai perbaikan linkungan, juga dimbau kepada warga Kota Medan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, janghan membuang sampah  ke Sungai dan Drainase, biasakan memilih dan memilah sampah, dengan gerakan sekecil apapun namun rutin mudah-mudahan persoalan lingkungan yang melanda kota ini dapat teratasi secara mandiri oleh masyarakat itu sendiri,“ ujar Eldin.

Lebih lanjut Eldin meminta kepada seluruh komunitas yang ada di Kota Medan bersama-sama berkomitmen menjadikan diri sendiri sebagai agen kelestarian lingkungan, jika semua yang hadir disini memiliki komitmen yang sama mudah-mudahan kedepannya menjadi tauladan kelestarian lingkungan dan mempengaruhi prilaku masyarakat sekitar untuk menyangi bumi.

Panitia pelaksana  Weni Oktavia melaporkan, kelompok Mahasiswa Medan suka jelajah (Mamensukaja) bersama Kwarcab Pramuka Kota Medan menggelar kegiatan hari bumi 2016, kehadiran Walikota Medan beserta jajaran dan dengan komunitas lingkungan dapat memercepat kegaiatan ini yakni “Aksi Asri lingkunganku, Lestari Bumiku dan Indah Kotaku “, acara ini bertema “ Alam “ atau Aksi Linkungan Anak Medan yang menaungi 24 komunitas lingkungan berlangsung 22 sampai 23 April 2016.

Kegiatan ini diisi dengan kegiatn pameran karya anak Medan, berkemah bersama komunitas lingkungan dan komunita pramuka, pemilihan duta lingkungan ,lomba cipta karya lingkungan, pentas seni musuk, dialog inter aktif tentang limbah plastic, buangan emisi gas bermotor dan visi pemuda menuju kota sehat, malam remnungan anak muda bebas  narkoba, srta aksi brsih lingkungan baik didarat maupun di danau Caman Cadika.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan taliu persahabatan komunitas dan pemuda yan ada di Kota Medan, juga menanamkan rasa kepedulian yang tinggi akan penjagaan alam dan lingkungan demi kelangsungan hidup  genarasi penerus bangsa, selain iu juga mengajak masyarakat untuk aktif didalam daur ulang memanfaatkan limbah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat.

(FR/Mnc)
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!