Selasa, 22 Oktober 2019
Find us: 
mahardikanews.com, portal Indonesia, berita terkini, berita ekonomi, berita bisnis, berita olahraga, berita hiburan, berita lingkungan, berita politik
Home  / Nasional
Kamis, 5 September 2019 | 22:00:43
HM Haris Imbau Koperasi di Pelalawan Ubah Sistem Menuju Era Industri 4.0
TOMAN SIPAHUTAR
Bupati Pelalawan HM Haris, menyerahkan piagam penghargaan kepada seorang perwakilan KUD Bina Sejahtera sebagai Koperasi Berprestasi tingkat Nasional tahun 2019.
PELALAWAN 
(mahardikanews) 
Bupati Pelalawan HM Harris, membuka secara resmi peringatan Hari Koperasi yang ke-72 tingkat Kabupaten Pelalawan di halaman kantor Dinas Koperasi setempat.

“Koperasi di Indonesia harus memiliki bekal dan wajib menyikapi perkembangan informasi dan teknologi saat ini sesuai tema Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam peringatan koperasi pada tahun ini”, kata HM Haris, Rabu (4/9/2019) dalam sambutannya membacakan pidato Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga selaku Menteri Koperasi dan usaha kecil menengah (UKM), di Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Pelalawan.


Tantangan baru koperasi saat ini menurutnya bukan hanya mengubah cara berbisnis, tapi juga menyangkut masalah mindset dan perubahan tata kelola sistem, sehingga mengharuskan adanya reformasi total koperasi dalam menghadapi persaingan industri 4.0, seperti melalui transaksi E-Commerce untuk melakukan perdagangan dan industri.

Bupati Pelalawan 2 periode itu mengimbau koperasi-koperasi di Pelalawan merekrut kaum milenial dalam meningkatkan mutu koperasi, dan membuat gerakan koperasi dalam menghadapi persaingan bersama  industri lainnya.

“Dengan torehan banyak prestasi koperasi di Pelalawan, saya harap kedepan koperasi segera untuk mempersiapkan diri dalam persaingan ekonomi dari negara lain, dimana kita melepaskan diri dari ketergantungan ekonomi dengan negara lain. Di Tahun 2020 nantinya Koperasi di Pelalawan akan bekerjasama dengan BUMN, sehingga kita bisa lepas dalam ketergantungan ekonomi bersama dengan negara lain”, imbau Haris yang pernah menjabat Ketua Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia.

Bupati dalam rangkaian kegiatan itu turut menyerahkan piagam penghargaan  kepada koperasi unit desa Bina Sejahtera asal dari Kecamatan Ukui karena dinilai sebagai koperasi berprestasi tingkat nasional tahun 2019. Selain itu, dilanjutkan peninjauan stand usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Pelalawan Fakhrizal ditempat terpisah menyatakan akan segera menindaklanjuti intruksi dari Bupati. Karena amanat dari pemerintah tersebut dinilai dapat memperkuat kelembagaan koperasi menuju koperasi yang aktif, sehat, dan mandiri, serta mempererat pembinaan dan pendampingan.

Selain itu menurut Fakhrizal, agar para pengurus-pengurus dan koperasi di Pelalawan bisa mendapatkan nomor induk koperasinya, melakukan sosialisasi dan pelatihan, serta mampu melakukan rapat anggota tahunan atau RAT tepat waktu.
*(toman sipahutar)



Editor: AMBAR
©2019 MAHARDIKANEWS
all right reserved
Akses berita terbaru versi mobile di: m.mahardikanews.com
Tinggalkan Komentar
Nama*:
Email*:
Website:
Komentar*:
: * Masukkan kode disamping!